Rumor: GPU AMD Siap Perkuat Penerus Xbox360?

kin_banjarmasin

New member
Presentasi terbaru yang dikeluarkan oleh AMD, cukup untuk membuat para gamer yang sudah lama menantikan informasi seputar penerus Xbox360 mulai siap siaga. Pasalnya, di dalam presentasi perusahaan yang juga merupakan perusahaan manufaktur graphic card ATI ini, terdapat pernyataan yang mengatakan bahwa GPU terbaru ini mungkin akan digunakan untuk memperkuat Xbox720 dari Microsoft. Tentu saja Xbox720 bukanlah nama resmi yang diberikan Microsoft dan sejauh ini, yang kita ketahui hanyalah bahwa nama sementara produk tersebut adalah Durango.

pprg1.jpg


Anyway, GPU terbaru dari AMD ini disebut-sebut sebagai teknologi grafis pilihan untuk konsol game. Ada kemungkinan, ini merupakan referensi pada kehadiran AMD yang telah hadir di dua platform game ternama, yakni Wii U dan Xbox 360. Sayangnya, isi presentasi terbaru dengan judul "AMD Radeon Leading the Way in Gaming" tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan teknologi-teknologi yang sudah ada.

2wp81uu.jpg


Perusahaan manufaktur tersebut menggunakan presentasi ini untuk mengumumkan GPU baru model AMD HD 8000M, sebuah mobile chip yang menawarkan kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan apa yang ada di konsol generasi sekarang. Bahkan untuk versi paling lemah sekalipun, HD 8500M, memiliki engine yang jauh lebih cepat, memory clock serta stream processor yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan chip graphic Xenox yang digunakan di Xbox360. GPU tersebut nyaris melipatgandakan kekuatan komputasi yang ada di dalamnya. Sedangkan graphic card terkuat yang ada, HD 8800M, ditenggarai memiliki kekuatan empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan Xenos.

hsn80w.jpg


Nah, graphic card yang luar biasa kuat ini diperkirakan sudah siap diluncurkan di platform mobile pada kwartal pertama tahun 2013. Masih belum bisa dipastikan apakah Microsoft ataupun Sony tertarik untuk menggunakan Graphic Card terbaru dari AMD ini, ataukah mereka akan lebih tertarik menggunakan Graphic Card milik nVidia model Kepler yang digunakan untuk memperkuat iMac terbaru dari Apple. Mari kita tunggu perkembangan lebih lanjut, hanya di Klikgame.com.
 
Back
Top