Warner Bros Menggugat Perancang Replika Batmobile

jozz78

New member
Pihak Warner Bross saat ini menggugat pembuat mobil custom orang itu bernama Mark Towle, ia mengoperasikan bengkelnya itu di Los Angeles. Bengkel tersebut mengkhususkan diri dalam menciptakan replika Batmobile.

Hingga berita ini diturunkan bengkel milik Mark sudah berhasil menjual tiga Batmobile, dua dari tiga model yang ia bikin ternyata terinspirasi oleh model Batmobile pada tahun 1960 yang dulunya diciptakan oleh George Barris dan Batmobile satunya lagi dibuat berdasarkan Batmobile tahun 1989 yang dibuat oleh Anton Furst.

Seperti yang dilansir dari AutoMedia, Warner Bros mengklaim bahwa dengan menjual mobil-mobil ini, Towle sudah melanggar hak cipta dari DC Comics, sebuah anak perusahaan dari Warner Bros. Gugatan Warner Bros itu diajukan dua tahun lalu dan kini kasus tersebut kembali memanas.

Pernyataan Warner Bros tampaknya sah, karena Batmobile adalah sebuah ikon dan juga bagian terpenting yang berada di alur cerita dari film-film Batman yang pernah mereka buat. Maka dari itu mereka membuat perlindungan hak cipta. Mark membela diri karena ia merasa ada yang tidak sesuai dari pihak Warner Bros.

Pengacara dari Mark, yang bernama Larry Zerner, menyatakan bahwa DC Comics ingin menggugat hukum tentang perlindungan hak cipta, pihak Warner juga juga tidak melindungi unsur-unsur seninya, yaitu untuk semua bagian dari Batmobile, bahkan hingga ke warna Batmobile.

Menurutnya saat ini, desain mobil buatan mereka tidak memenuhi syarat sebagai karya seni, oleh karena itu membebaskan mereka dari perlindungan hak cipta.

Masalah lain dalam gugatan Warner Bros tersebut adalah klaim pembelaan bahwa Batmobile buatan George Barris itu tidak sepenuhnya memakai desain aslinya, karena dibuat dari sebuah Lincoln Futura keluaran tahun 1955.

Dan ternyata George Barris dan Anton Furst, para desainer Batmobile, juga tidak menerapkan hak paten mereka untuk DC Comics.

Jadi intinya siapa yang salah dan yang di salahkan nih di kasus ini?? #hadeeeuuhhhh..

t_uploads_2013_01_01Batmobile1-9040206248344035106_jpeg.png

http://www.iyaa.com/tech/otomotif/umum/2422285_1372.html#/0
 
Back
Top