Supaya Tidak Terjebak dalam Hubungan 'Parasit'

spirit

Mod
188031_ilustrasi-pasangan_663_382.jpg

Hubungan yang sehat ditandai dengan saling mengasihi satu sama lain, peduli dan menghormati pasangan. Pendek kata, hubungan saling menguntungkan secara seimbang. Namun, tak sedikit juga hubungan yang bersifat 'parasit'. Salah satu mengambil manfaat dan merugikan pasangannya.

Ingin tahu apakah Anda sedang terjebak dalam sebuah hubungan 'parasit'? Identifikasi sejak dini apakah hubungan yang Anda jalani adalah hubungan 'parasit' atau tidak. Bila ya, Anda dapat mencegah kerusakaan hubungan lebih lanjut. WikiHow memberi trik mendeteksi 'kesehatan' hubungan asmara Anda.

- Identifikasi hubungan

Untuk mengetahui apakah Anda terjebak dalam sebuah hubungan 'parasit', Anda harus menelaahnya lebih dulu. Lakukan evaluasi hubungan Anda dengan pasangan.

- Tentukan manfaat hubungan

Menjalin hubungan berarti Anda mengharapkan kebaikan dan manfaat di dalamnya. Carilah hal-hal yang memberi kebaikan yang Anda anggap penting bagi diri Anda. Misalnya Apakah Anda merasa dicintai? Dapat menabung atau menghasilkan lebih banyak uang? Apakah kesehatan fisik membaik? Makan makanan yang lebih sehat? Memiliki tempat tinggal lebih baik? Apakah Anda merasa semakin efektif dalam kegiatan sehari-hari atau mendapati hidup Anda semakin bermakna?

- Tentukan keburukan hubungan

Sangat penting mengetahui kerugian yang Anda peroleh dalam hubungan. Sebagai contoh, apakah Anda disakiti secara emosional? Semakin boros? Gaya hidup Anda menjadi tak sehat? Semakin sulit memperoleh makanan dan tempat tinggal yang lebih baik? Merasa kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari? Atau Anda merasa hidup makin kurang bermakna akibat hubungan?

- Bandingkan

Untuk menetapkan kepentingan hubungan Anda dengan kekasih, buatlah dua daftar. Tetapkan pentingnya masing-masing item bagi diri Anda. Dari skala 0-5 misalnya. Di mana 0 untuk menetapkan sesuatu yang sama sekali tidak penting dan 5 sangat penting. Tetapkan juga skor setiap item dan seberapa dalam hal tersebut mempengaruhi Anda. Skor 1-10 misalnya, di mana 1 adalah minimal terpengaruh, dan 10 secara maksimal terpengaruh.

Bandingkan kedua daftar untuk menentukan daftar mana yang memiliki skor paling besar. Bila daftar merugikan lebih tinggi daripada daftar manfaat, berarti Anda berada dalam sebuah hubungan merugikan.

- Minta pasangan melakukan analisis yang sama

Sama seperti yang Anda lakukan pada diri sendiri, minta pasangan melihat apakah dirinya berada dalam hubungan yang menguntungkan atau malah merugikan.

- Interpretasi hubungan

Jika Anda dan pasangan sama-sama merasa dalam hubungan yang menguntungkan, maka Anda dan pasangan Anda akan merasa hubungan menguntungkan. Sebaliknya Anda atau pasangan merasa dirugikan, hubungan kalian bersifat 'parasit'.

- Komunikasi

Hasil identifikasi menunjukkan hubungan seperti apa yang Anda jalani bersama pasangan. Saatnya mengkomunikasikan bersama si dia. Salah satu penyebab konflik paling umum dalam hubungan adalah salah paham karena kurang komunikasi. Salah satu pasangan mungkin bermaksud baik, namun karena tidak ada percakapan timbal balik sehingga menimbulkan kesalahan yang tidak disadari.

- Perbaiki bila memungkinkan

Jika Anda berada dalam hubungan 'parasit', segera lakukan tindakan untuk memperbaikinya. Setelah berbicara untuk menghilangkan kesalahpahaman dan saling memaafkan, saatnya menemukan cara agar meningkatkan hubungan kalian.

Bila perlu, carilah konseling dan dukungan dari orang lain. Jika hubungan tidak dapat diperbaiki lagi, dan jalan keluar terbaik mengakhiri hubungan, lakukan dengan damai dan saling menghormati.

Jadi, bagaimana dengan hubungan yang Anda jalani bersama pasangan?




viva.co.id
 
wah manfaat banget :D
hubunganku ga parasit, soalnya ga ada yg dirugikan, ya kadang" si berantem juga. tpi kan wajar hehehe
 
Back
Top