tips melahirkan normal

jainudin

New member
1. Persiapan posisi. Proses ini dilakukan agar pada saat tiba waktu melahirkan, bayi bisa dengan mudah keluar dari rahim ibu. Cara yang banyak dilakukan adalah dengan sering melakukan posisi sujud, karena hal ini akan memposisikan bayi pada letak yang memudahkannya meluncur.

2. Naik turun tangga merupakan hal yang dianjurkan. Tentu intensitasnya tidak boleh terlalu sering dan juga harus dilakukan dengan hati-hati. Tujuannya memudahkan janin untuk bisa segera turun dan berada pada posisi kelahiran.

3. Hindari tidur yang terlalu sering, terutama pada siang hari. Sebab, hal ini akan memicu terjadinya pendarahan.

4. Tetap tenang. Biasanya, kelahiran pertama akan menimbulkan kepanikan. Perlu diketahui bahwa jarak antara kontraksi pertama dan proses kelahiran membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga Anda masih akan memiliki waktu cukup untuk pergi kerumah sakit terdekat.

5. Pada saat proses melahirkan, seorang ibu akan membutuhkanenergi yang cukup banyak. Oleh karenanya selama persalinan sebaiknya tetap diberikan asupan sebagai penambah tenaga.

6. Mengatur pernafasan. Pada saat kontraksi, biasanya seorang ibu akan mengambil nafas secara pendek dan terburu-buru. Ini adalah hal salah. Sebaiknya tarik nafas panjang serta hembuskan secara perlahan-lahan. Hal ini akan bermanfaat dalam meredakan ketegangan syaraf dan memberikan relaksasi.

7. Teknik mengejan. Pada saat mengejan, tarik nafas yang panjang, lalu hembuskan bersama waktu mengejan. Jangan pernah mengejan sambil menahan nafas. Selain akan menimbulkan kehabisan nafas, hal tersebut akan menjadikan seorang ibu akan menjadi lebih cepat lelah dan kehabisan nafas.


Sumber : http://ibuhamil.com/diskusi-umum/6130-tips-buat-bunda2-yg-ingin-melahirkan-normal.html
 
Last edited:
wah..makasih ya, den..infonya.
Kebetulan.. Ada 2 org wanita hamil di desaku. Yg satu baru meninggal pas melahirkan. Tinggal satu org, deh..
 
1 lagi... saat melahirkan... jangan sekali-kalinya mengangkat bokong... nanti malah akan sobek makin lebar katanya >.<
 
Back
Top