AMD FX 8350

kin_banjarmasin

New member
6o1yxu.jpghttp:


Harga: Rp1.950.000

Kelebihan:
+ Masih menggunakan socket AMD AM3+.
+ Performa lebih kencang dibandingkan AMD FX generasi sebelumnya.
+ Untuk kelas high-end, harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Jakarta, CHIP.co.id - Untuk mengobati kekecewaan dari para pengguna AMD Bulldozer, kini AMD kembali merilis prosesor terbarunya untuk kelas high-end, yaitu AMD FX 8350. Berbeda dengan seri sebelumnya yang menggunakan arsitektur Bulldozer, pada AMD FX seri 83xx ini sudah menggunakan arsitektur Piledriver. Dengan menggunakan arsitektur yang baru, performa yang dihasilkan pun berbeda dengan AMD FX seri 81xx.

Angka "8" pada digit pertama menunjukkan core yang dimiliki oleh prosesor ini, sedangkan angka "3" pada digit selanjutnya mewakili arsitektur yang digunakan. Sampai saat ini, prosesor dengan codename Vishera ini hadir dengan empat varian produk, yaitu FX 8350 dengan clock 4,0 GHz, FX 8320 dengan clock 3,5 GHz, FX-6300 dengan clock 3,5 GHz, dan FX-4300 dengan clock 3,8 GHz.
Meskipun memiliki codename serta arsitektur yang baru, namun prosesor ini masih menggunakan socket AM3+ seperti halnya AMD Bulldozer. Dengan begitu, Anda dapat meng-upgrade prosesor tanpa harus membeli mainboard baru. Namun sebelum mengganti dengan prose­sor AMD Vishera, pastikan Anda sudah menggunakan mainboard dengan versi BIOS terbaru. Jika Anda tidak menggunakan BIOS terbaru, maka prosesor tidak akan terdeteksi oleh mainboard sehingga PC Anda tidak dapat digunakan.

Selain socket, prosesor AMD FX 8350 ini juga menggunakan Thermal Design Power (TDP) yang sama yaitu 125W yang diproduksi dengan fabrikasi 32 nm. Meski begitu, dengan menggunakan arsitektur yang baru, konsumsi daya yang dibutuhkan prosesor menjadi lebih irit daripada AMD FX seri sebelumnya. Tidak hanya itu, performanya juga mengalami peningkatan meski tidak terlalu sig­nifikan. Harga yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda dengan prosesor AMD FX seri sebelumnya.

2m81jk2.jpg


Seperti pendahulunya, prosesor AMD FX 8350 juga mendukung teknologi AMD Turbo Core. Dengan teknologi AMD Turbo Core, prosesor ini dapat berjalan pada kecepatan 4,2 GHz pada saat aplikasi yang cukup berat membebani prosesor. Namun dalam keadaan idle, maka prosesor AMD FX 8350 kembali menurunkan clocknya menjadi 4,0 GHz. Dengan begitu, konsumsi daya yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah PC menjadi lebih efisien. Tidak hanya AMD Turbo Core, AMD FX ini juga mendukung perintah Advanced Vector Extensions (AVX), Floating Point Vector Multiply (FMA), dan Advanced Encryption Standard (AES) pada semua varian prosesornya.
 
Back
Top