Bermain Game | Menyehatkan atau Membahayakan?

jainudin

New member
Bagi Anda pencinta game, pasti akan sangat senang menghabiskan waktu bersama dengan game yang Anda gemari. Bahkan ada banyak dari gamers yang rela tidak tidur untuk bermain game. Memang satu dua kali tidak akan terasa, terlebih lagi jika gamers masih pada usia-usia remaja. Daya tahan tubuh masih kuat dan tidak akan ada masalah sesekali tidak tidur untuk menamatkan game atau bermain bersama teman-teman Anda.
Gamers

Gamers

Pada kesempatan ini, saya akan membahas bagaimana cara mengurangi dampak buruk dari bermain game atau bagaimana caranya agar Anda tetap bisa bermain game dengan nyaman tanpa mengorbankan kesehatan Anda. Ingat, kalau tubuh Anda bukan mesin dan Anda harus jaga kesehatan Anda pada saat muda agar tidak menumpuk penderitaan untuk hari tua Anda.
Part Laptop

Part Laptop

Anda mungkin ingin mengganti part dari laptop atau desktop Anda untuk mendapatkan performa dan pengalaman bermain yang lebih baik, namun saya yakin bahwa Anda tidak ingin mengganti bagian dari tubuh Anda. Karena itu ada baiknya Anda menjaga tubuh dan kesehatan Anda.

Anda dapat memulainya dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik saat bermain game.
Cara Duduk

Cara Duduk

Cara Duduk

Bagaimana cara dan posisi duduk Anda saat bermain game? Terlalu dekat dengan layar, membungkuk, atau menyamping kiri atau kanan? Apakah Anda merasa nyaman dengan cara seperti itu?

Tahukah Anda, bahwa cara dan posisi duduk sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Mungkin untuk jangka waktu yang pendek tubuh Anda akan mudah keram atau kesemutan. Pada jangka yang panjang tubuh bisa jadi akan membungkuk, mudah merasa pusing, dan bahkan merusak mata Anda.

Sebenarnya tidak sulit untuk duduk dengan cara yang benar, namun karena keadaan atau kebiasaan maka kita sulit duduk dengan benar di depan komputer.

Pertama-tama kita harus menentukan meja dan kursi yang kita pakai. Pastikan meja sesuai dengan tinggi badan dan kursi Anda, namun jika sulit untuk mengatur meja, maka ada baiknya kita mengatur kursi. Cari kursi yang empuk dan nyaman untuk digunakan serta bisa diatur ketinggiannya agar dapat digunakan secara fleksibel.

Kemudian, usahakan agar tubuh Anda tidak miring sebelah atau memainkan komputer dengan mengarah lebih berat ke sebelah kiri atau kanan, karena kebiasaan tersebut akan membuat tangan Anda mudah sakit pada satu bagian, pusing, kaku di leher, dan sakit pada punggung. Mungkin awalnya akan terasa santai, tapi lama kelamaan akan timbul masalah dengan tubuh Anda dan itu akan terasa, namun karena sudah menjadi kebiasaan maka akan sulit dihilangkan.

Apalagi jika Anda sampai membungkuk untuk melihat layar Anda dari dekat. Hal ini akan mempengaruhi tulang belakang yang pada jangka pendek akan menyebabkan tidur tidak berkualitas, sulit tidur, nafas semakin berat karena darah Anda tidak akan mengalir lancar dan pada tahapan paling parah tubuh Anda akan menjadi bungkuk dan daya ingat Anda akan berkurang karena darah tidak mengalir dengan lancar ke otak bahkan pusing dan migrain akan lebih mudah menyerang.
Pandangan Mata

Pandangan Mata

Pandangan

Melihat layar terlalu lama, dapat menyebabkan pusing apalagi jika Anda melihat layar yang terang di ruangan yang gelap. Selain itu jarak pandang juga harus dijaga, jangan terlalu dekat dengan layar. Atur cahaya ruangan dan cahaya layar agar tidak terlalu menyilaukan mata. Pada jangka pendek, kebiasaan ini hanya akan menyebabkan mata kering, perih karena kehilangan kelembapannya. Pada jangka panjang dapat mengakibatkan sakit kepala dan menyebabkan mata menjadi kurang jelas saat melihat objek jauh (minus) atau melihat objek menjadi dua (silinder).

Berikut tips untuk menjaga kesehatan depan layar komputer pada saat bermain game:
Istirahat Mata

Istirahat Mata

- Biasakan untuk mengistirahatkan mata setiap 2 atau 3 jam sekali selama 10 – 20 menit. Kebiasaan ini baik untuk menjaga mata tetap stabil dan terjaga kelembapannya. Alternatif lainnya adalah pandangi sekitar Anda setiap 30 menit – 1 jam sekali. Tujuannya agar mata dapat refreshing dan mengurangi ketegangan. Anda juga dapat menggunakan kacamata gaming untuk menghalau silau dari layar yang didesain khusus agar mata Anda terjaga. Untuk lebih lengkapnya tentang kacamata gaming, jenis produk dan spesifikasi juga kegunaannya Anda bisa melihatnya di sini.
Harmonisasi Warna

Harmonisasi Warna

- Anda juga bisa mengurangi ketegangan mata dengan cara menggunakan wallpaper berjalan, atau dengan memberi tambahan atau sentuhan warna pada meja atau keyboard Anda, misalnya saja jika warna laptop Anda adalah warna panas, seperti misalnya Vaio yang berwarna merah, maka dapat Anda sesuaikan dengan meja yang berwarna hijau atau warna dingin lainnya.

- Atur cahaya layar dan lampu ruangan Anda. Pastikan cahaya tidak terlalu terang dan tidak terlalu buram. Selain lebih menghemat daya, juga menjaga mata dari kerusakan.
Layar Matte tidak menyilaukan Mata

Layar Matte tidak menyilaukan Mata

- Gunakan layar yang bukan Glossy, karena dengan layar Matte, maka Anda akan merasa lebih nyaman dalam bermain. Sebab layar Matte tidak akan menyilaukan mata seperti glossy yang akan memantulkan cahaya lampu Anda.
Minum Air

Minum Air

- Perbanyak minum air putih, paling tidak sesuai dengan anjuran dokter, 8 gelas perhari. Sebenarnya dalam keadaan bekerja tubuh lebih mudah kehilangan cairan dan dehidrasi atau kekurangan cairan dapat mengganggu metabolisme tubuh, karena itu banyak minuman ion yang bermunculan di pasar, namun tetap air putih adalah yang terbaik.
Buang air kecil

Buang air kecil

- Jika Anda merasa ingin buang air kecil atau pembuangan lainnya, sebisa mungkin jangan ditunda karena itu tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan kencing batu, atau penyakit sistem pembuangan pada tubuh.
Makan saat Bermain

Makan saat Bermain

- Begitu juga jika Anda merasa lapar, lebih baik Anda memenuhi kebutuhan primer tersebut, karena kurangnya asupan gizi dapat mempengaruhi keseluruhan tubuh termasuk otak Anda. Otak bekerja tanpa diiringi dengan pemenuhan akan gizi. Selain akan membuat tubuh mudah lemas, terserang sakit maag, lebih mudah pusing, juga pada jangka panjang dapat membuat ingatan Anda melemah.
Jari Keriting?

Jari Keriting?

- Setiap kali Anda merasa jari Anda mulai keriting atau tidak nyaman, maka ada baiknya Anda memutar pergelangan tangan searah dan berlawanan jarum jam dan gerakkan jari-jari Anda untuk melemaskannya, jangan dibunyikan. Karena untuk jangka waktu yang panjang, kebiasaan ini bisa menyebabkan kaku bahkan nyeri sendi pada jari dan pergelangan tangan. Bahkan pada beberapa kasus, jari sampai sulit untuk digerakkan.
Waktu Tidur

Waktu Tidur

- Perhatikan waktu tidur Anda, pastikan waktu tidur Anda cukup, atau paling tidak Anda mengistirahatkan tubuh Anda secara total dalam 1×24 jam. Karena kurang tidur akan mempengaruhi kesehatan pikiran, metabolisme tubuh, stamina, juga dapat menyebabkan banyak penyakit lainnya. Tekanan darah bisa menjadi tidak stabil dan pada jangka panjang bahkan dapat mengakibatkan kelambatan dalam berpikir bahkan kematian.
Pengaruh Psikologi dari Game

Pengaruh Psikologi dari Game

- Secara psikologis, game juga dapat mengganggu kesehatan psikologis, sehingga ada baiknya Anda membedakan dunia nyata dengan dunia game. Terutama untuk anak-anak, lebih baik Anda mengawasi game yang mereka mainkan karena anak-anak cenderung suka meniru apa yang mereka lihat dan hal ini akan berakibat buruk bagi perkembangan kepribadian juga sosialisasi anak, dan yang paling berbahaya adalah bentuk perwujudan dari imajinasi mereka terhadap game itu sendiri, jangan sampai membentuk kepribadian yang jahat. Karena itu peran orang tua dan kita dalam menjaga generasi muda menjadi sangat penting agar generasi muda tumbuh menjadi generasi yang baik dan tidak brutal karena sudah dibiasakan dengan kekerasan dalam game. Seseorang saat sedang menonton atau bermain game terkadang jadi tidak bisa membedakan realita dan imajinasi, karena mereka fokus dan masuk ke dalamnya walau hanya untuk sesaat yang kemudian akan mempengaruhi alam bawah sadar dan turut membentuk kepribadian seseorang sadar atau tidak.

Main game bisa jadi menyehatkan dan menghibur jika digunakan pada tempatnya. Game baik sebagai penghilang stress, tekanan berat, bahkan melepaskan amarah. Kita bisa bermain game-game simulasi seperti Mafia II dimana kita bisa memukul atau kejar-kejaran dengan polisi, sejenak melupakan dunia nyata dan masalah yang terjadi di dunia nyata.

Game bisa juga digunakan sebagai terapi, terutama bagi mereka yang sedang sakit, karena game bisa memberikan sebuah kesenangan yang akan meningkatkan energi positif. Namun jika dilakukan secara berlebihan, maka dampak buruk sampai kematian bisa Anda alami.

Jadi sekarang Anda tahu bagaimana cara untuk bermain game namun tetap sehat? Mari kita mulai jaga kesehatan kita untuk sekarang dan nanti dengan memulai kebiasaan baik saat bermain game dan gunakan teknologi terbaru yang memang di design khusus untuk bekerja di depan komputer, seperti kacamata gaming dan layar matte. Memang harganya untuk beberapa orang terlihat sedikit mahal, namun jika kita bandingkan dengan fungsinya, maka harga tersebut tidak mahal. Harga yang Anda bayar berbanding lurus dengan manfaat yang Anda dapat, bahkan lebih

Sumber : http://pemmz.wordpress.com/2012/02/23/bermain-game-menyehatkan-atau-membahayakan/
 
Last edited:
Back
Top