Pelukan Meningkatkan Daya Ingat

hot

New member
1950452.jpg


Memeluk seseorang yang dicintai tidak hanya dapat mempererat ikatan, tapi ini memiliki manfaat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan memori.

Sebaliknya, memberikan pelukan meski sopan tapi kepada orang yang tidak dikenal justru memberi efek sebaliknya.

Penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Vienna menemukan, hormon oksitosin dilepaskan ke dalam aliran darah ketika sedang mendekap erat seseorang. Ini akan menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan kecemasan, bahkan meningkatkan daya ingat.

Hormon oksitosin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari yang dikenal berkaitan dengan emosi yang timbul ketika ikatan terjalin. Seperti kedekatan antara orang tua dengan anak-anaknya dan antar pasangan.

Produksi oksitosin ditemukan meningkat dalam tubuh mereka yang terlibat sebuah hubungan, wanita yang tengah melahirkan dan selama menyusui. Ini meningkatkan ikatan antara ibu dengan bayi.

Memeluk juga melembutkan kepribadian. Para peneliti mengatakan, seseorang yang sering mendapatkan pelukan dari orang terkasih menjadi lebih berempati.

"Efek positif hanya terjadi jika orang-orang saling percaya. Jika orang tidak mengenal satu sama lain, atau jika pelukan tersebut tidak diinginkan kedua belah pihak, efeknya hilang," kata Neurofisiologi Jrgen Sandkhler seperti dilansir dari dailymail.co.uk.

Sebaliknya jika pelukan terjadi namun bukan dari orang yang dikenal, hormon ini tidak akan diproduksi dan berimbas pada meningkatkan kecemasan.

"Hal ini dapat menyebabkan stres murni karena sifat menjaga diri atau ingin melindungi diri itu diabaikan. Dalam situasi ini, kita mengeluarkan hormon stres kortisol, " kata Sandkhler.

Dia menambahkan bahwa: "Memeluk baik, tidak peduli berapa lama atau seberapa sering pelukan dilakukan, kepercayaan yang lebih penting."

Pakai Kondom, Aktivitas Seks Tetap Memuaskan
 
iya saya juga pernah dipeluk hingga saya inget kalo dia mantan aku dan mantan aku katanya kangen banget sama aku :((
 
info yg bermanfaat tp jgn sampai info ini disalah artikan dan di salah gunakan ya guys.
 
berarti kalo ada yang marah langsung kita peluk aja ya, biar emosinya meredam, betul kaga den?

mungkin kl pasangan yang bisa seperti itu. kl memeluk pimpinan yang lagi marah atau orang mabuk bisa beda endingnya :)


Pelukan adalah sebuah terapi yang ampuh untuk menyembuhkan aneka penyakit. Selain itu, memeluk dan tertawa sangat efektif menyembuhkan depresi, kecemasan, dan menjadi salah satu tip menghilangkan stres dan beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan stres. Menurut penelitian University of North Carolina, AS, memeluk pasangan meski hanya semenit akan meningkatkan hormon oksitosin yang akan membuat pikiran lebih tenang dan mengurangi cemas. Pasalnya, pelukan dapat melepaskan hormon oksitosin yang merupakan hormon kebahagiaan.
 
Back
Top