apa itu perfeksionis & progesionis?

Perfeksionisme adalah keyakinan bahwa seseorang harus menjadi sempurna, mencapai kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi. Perfeksionis adalah orang yang memiliki pandangan perfeksionisme.
Pada bentuknya sebagai penyakit, perfeksionisme dapat menyebabkan seseorang memiliki perhatian berlebih terhadap detail suatu hal dan bersifat obsesif-kompulsif , sensitif terhadap kritik, cemas berkepanjangan, keras kepala, berpikir sempit dan suka menunda. Hal-hal yang dapat menghambat keberhasilan dalam hal apapun. Orang yang potensial namun perfeksionis akan terhambat kemampuannya. Hasrat menciptakan produk, website atau konten terbaik adalah hal yang perlu, namun seorang perfeksionis akan menemukan banyak rintangan yang sama sekali tidak perlu.
Masalah perfeksionis adalah tindakannya yang cenderung suka menunda-nunda dan akhirnya capek sendiri. Obsesinya akan kesempurnaan menjadi beban pikiran dan meletihkan perasaannya. Orang perfeksionis akan cepat kehabisan energi karena terus cemas tentang bagaimana menyempurnakan website-nya atau berpikir seandainya dulu saya begini atau begitu. (wikipedia)

kalau progesionis gak tau.. -_-a
 
mungkin Shisio bisa jabarkan seperti ini, perfeksionis adalah sikap hidup yang menginginkan semuanya sempurnya, tanpa ada cacat cela sekalipun, sehingga harus berpikir keras untuk mewujudkannya, hal ini menyebabkan pekerjaan yang harus dikerjakan menjadi tertunda karena dipusingkan dengan berbagai macam detil yang tidak terlalu penting.
kalau progresionis (menurut Shisio) adalah sikap hidup yang terus maju, walaupun dia tidak mempunyai detil tentang hal yang dikerjakannya. istilahnya sambil bekerja dan mendapatkan pengalaman dari pekerjaannya tersebut.

contoh 1, ketika Shisio belajar motor, shisio berusaha mendapatkan teori tentang bagaimana mengendarai motor dengan aman dan benar. setelah semuanya didapat maka Shisio akan mengendarai motor tersebut, ini disebut sifat prefeksionis.
contoh 2, ketika Shisio belajar motor, Shisio langsung mengendarai motor tersebut tanpa perlu mendapatkan teori dulu. hasilnya mungkin motor tersebut akan menabrak pohon (pengalaman pribadi!) atau jatuh, tapi dengan pengalaman tersebut Shisio menjadi lebih hati-hati, sifat ini bisa disebut progresionis (memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi)
 
Back
Top