Jika Ginjal Nggak Bekerja Normal

askom

New member
mages_article_05_001_002_530_P-1332134459065311719_image.png

Jangan remehkan kemampuan kedua ginjal yang kita miliki. Meski bentuknya cuma sebesar kepalan tangan, fungsi ginjal sangat vital yaitu mengeluarkan air dan zat-zat yang sudah tidak terpakai alias sisa 'sampah' dari hasil metabolisme tubuh.
Setiap harinya, nih, ginjal bekerja keras untuk menyaring sekitar 200 liter darah sehingga menghasilkan sekitar 2 liter 'sampah' dan kelebihan air. Selain menjaga keseimbangan cairan, ginjal juga berperan dalam menjaga kandungan elektrolit dalam badan kita.

Selain itu, ginjal juga bertugas menghasilkan tiga hormon penting yang terdiri atas: Eritropoietin (EPO) yang merangsang sumsum tulang membentuk sel-sel darah merah (eritrosit), Renin sebagai pengatur tekanan darah, dan Kalsitriol (vitamin D aktif) untuk membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan kimiawi dalam tubuh.

Bayangkan jika ginjal kita nggak berfungsi optimal. Pastinya, nih, bakal terjadi penumpukan cairan dan racun yang seharusnya dikeluarkan bersama air seni. Penumpukan cairan akan menyebabkan bengkak terutama pada kelopak mata, kaki, atau tangan—bahkan bisa sampai seluruh tubuh. Sedangkan penumpukan racun dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, muntah, hingga terjadinya penurunan kesadaran.

Kerugian lain, penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit, kurang darah atau anemia (karena kekurangan hormon EPO), darah tinggi, tulang mudah keropos, dan lain sebagainya yang menimbulkan gangguan serius. CC

KLIK ---> Info Sehat
 
Tapi, kebanyakan minum air juga gak bagus ama ginjal. Jadi, yang sedang-sedang aja (kayak lagu :p )
 
Back
Top