Remaja 14 Tahun Ungkap Misteri Bawah Laut

Status
Not open for further replies.

jozz78

New member
013_01_31_56_754769_FMIPBKv8h7-8322917689197629131_jpg.png

OTTAWA - Sebuah kamera bawah laut yang mencapai hingga kedalaman 894 meter (hampir 3 ribu kaki) di perairan Barkley Canyon, mengabadikan video dasar laut. Video tersebut ditangkap oleh Kirill Dudko, remaja berusia 14 tahun asal Donetsk, Ukraina.

Dilansir Discovery, Kamis (31/1/2013), dalam aksi menyelamnya, Dudko mengabadikan seekor hagfish atau remang, yang dianggap sebagai bentuk ikan purba. Pada video yang diunggah ke YouTube, terlihat ikan tersebut memangsa beberapa hewan kecil yang juga tampil dalam video.

Pengamatan bawah laut ini dilakukan untuk memberikan wawasan baru bagi ilmuwan di seluruh dunia. Video ini menampilkan aktivitas hewan di dasar laut, yang diabadikan menggunakan kamera video dengan kabel fiber optik sepanjang 800 kilometer.

"Makhluk ini tidak seperti ikan. Saya yakin hewan ini adalah mamalia, karena hidung dan kumisnya. Namun, ini juga tidak terlihat seperti ikan paus," kata Dudko.

Kim Juniper, Associate Science Director NEPTUNE mengatakan, hewan ini menghabiskan 90 persen hidupnya di bawah air. Dudko kabarnya merupakan orang pertama yang pernah melihat cara makan hagfish secara langsung.

"Sekarang kita tahu bahwa hagfish tidak menggigit atau mengunyah, namun cara makan hewan ini ialah dengan cara menghirup mangsanya. Hewan ini memiliki vakum bertekanan rendah di sekitar mulutnya," terangnya.


Klik SUMBER >>
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top