Apakah Amandel Harus Dioperasi?

askom

New member
big_strep_throat_511c9fd52b2ec-8868353370521247550_jpg.png

Amandel atau tonsil merupakan jaringan limfoid yang berfungsi menghasilkan sel-sel limfosit (bagian dari sel darah putih untuk mekanisme pertahanan tubuh). Pada keadaan normal, tonsil berperan membantu sistem imunitas.

Bila terjadi infeksi kronis, akan ada pengikisan jaringan limfoid. Amandel terletak di rongga kiri kanan tenggorokan. Mulai anak usia 6 tahun ke atas, fungsi amandel akan digantikan oleh pertahanan tubuh yang lain.

"Fungsi amandel adalah sebagai gerbang penjagaan, bersama organ lainnya. Nah, kalau kita atau anak sering infeksi berulang, maka fungsi amandel akan menekan sistem pertahanan tubuh. Amandel dengan infeksi yang menahun, boleh dibilang sistem pertahanan tubuhnya sudah berkurang, bahkan tidak ada," begitu paparan yang diberikan oleh dr. Agus Subagio, Sp.THT, Spesialis THT di RS Puri Indah.

Penanggulangan infeksi tonsil dapat dilakukan dengan beberapa tahapan, dimulai dengan terapi obat antibiotik untuk mematikan bakteri dan atau virus yang menyerang. Apabila ukuran tonsil yang terinfeksi kian membesar sehingga mengganggu jalan pernafasan dan jalan makan, serta bila tonsil sudah menjadi sarang kuman sehingga infeksi kerap berulang, maka penderita harus segera menjalani operasi pengangkatan amandel.

Selain itu, ukuran amandel yang terlalu besar dapat mengganggu jalan nafas yang ditandai dengan tidur mendengkur dan OSA. Sayangnya, meski arus informasi semakin deras, berbagai mitos masih membayangi sebagian besar masyarakat, seperti amandel memengaruhi kecerdasan anak, amandel kembali membesar setelah dioperasi, atau anak kecil tidak boleh dioperasi.

"Pada siapapun, jika tonsil yang terinfeksi diangkat, maka sistem pertahanan tubuh secara otomatis diambil alih oleh organ tubuh lainnya. Kalau operasi tidak segera dilakukan, justru berakibat tidur terganggu, daya tahan tubuh menurun, atau bisa kena penyakit ginjal, jantung, rematik.

"Racun yang dikeluarkan tonsil bisa menyebar ke dalam darah, hingga ke katup jantung. Pada anak-anak, mungkin keracunannya tidak sekarang, tapi nanti ketka si anak sudah besar, terlebih kalau tubuhnya gemuk," tegas dokter Sjahruddin

KLIK ---> INFO SEHAT
 
Back
Top