Manfaat Phytochemical Dalam Jeruk

askom

New member
AAAAAck__00scveSMw_s1600_jeruk-3634334357775858733_jpg.png

Buah jeruk mengandung nutrisi penting, vitamin, dan mineral untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh Anda.

Banyak dan beragam nutrisi yang dapat ditemukan dari sebuah jeruk. Buah ini rendah kalori, tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, namun kaya akan berbagai kandungan yang sangat efektif bekerja pada orang yang mempunyai berat badan berlebih.

Pektin, dengan aksinya sebagai pencahar massal, membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparannya terhadap zat-zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Pektin juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol darah dengan mengurangi absorpsi di usus dengan cara mengikat asam empedu di usus besar.

Jeruk adalah sumber vitamin C (sebanyak 53,2 mg per 100 g, sekitar 90% dari DRI), Vitamin C merupakan antioksidan alami yang kuat. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap infeksi dan penyakit berbahaya, pro-inflamasi radikal bebas dari darah.

Buah jeruk yang banyak mengandung berbagai phytochemical. Hesperetin, naringin, dan naringenin flavonoid ditemukan dalam buah jeruk. Naringenin memiliki efek bio-aktif terhadap kesehatan manusia sebagai antioksidan, pencegah munculnya radikal bebas, anti-inflamasi, dan sebagai modulator dalam sistem kekebalan tubuh. Zat ini juga telah terbukti mengurangi cedera oksidan DNA.

Jeruk juga mengandung vitamin A yang sangat baik, dan antioksidan lainnya seperti alpha dan beta-karoten, beta-cryptoxanthin, zea-xanthin dan lutein. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit dan sangat penting untuk penglihatan. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan flavonoid membantu tubuh untuk melindungi paru-paru dari dan kanker rongga mulut.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin B yang sangat baik dan kompleks seperti thiamin, piridoksin, dan folates, yang sangat penting bagi tubuh.

Buah jeruk juga mengandung jumlah mineral yang sangat baik seperti kalium dan kalsium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah melalui tindakannya melawan natrium.

Buah jeruk, dengan demikian, telah lama dihargai karena sehat bergizi dan berperan sebagai antioksidan. Pun telah ditetapkan secara ilmiah bahwa buah jeruk yang kaya akan vitamin dan mineral memiliki banyak manfaat kesehatan yang sudah terbukti. Selain itu, jeruk juga dinyatakan dapat mencegah risiko penyakit kanker dan penyakit kronis lainnya seperti arthritis, obesitas, dan penyakit jantung...


Info Sehat
 
Back
Top