Infeksi Gigi Sebabkan Gangguan Saraf

askom

New member
eraktif_com_id_90424_width_274-2964687526732710022_image.png

Beberapa ahli sering mengaitkan kesehatan gigi dan mulut dengan risiko infeksi pada organ vital termasuk otak dan jantung. Risiko ini perlu diwaspadai dalam arti kesehatan gigi dan mulut wajib dijaga. Tapi tenang, risiko terburuk tidak terjadi pada semua orang.

Sakit gigi, utamanya yang dipicu oleh infeksi kuman memang berbahaya. Kuman-kuman di gigi dan mulut bisa saja terbawa aliran darah lalu sampai ke organ lain seperti otak dan jantung. Dalam kondisi tertentu, risiko ini bisa memicu infeksi berbahaya pada organ-organ penting sehingga harus diwaspadai.

"(Perlu waspada) jika kondisi badan kita lemah, sakit-sakitan dan imunitasnya lemah. Atau ada faktor risiko tertentu, misalnya diabetes," kata drg Hari Sunarto, SpPerio(K), Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta, dalam media gathering Pepsodent di Hotel Grage Sangkan, Kuningan, Jawa Barat.

Dalam kondisi badan lemah, infeksi kuman mudah terjadi karena tubuh tidak memberikan perlawanan yang cukup kuat. Misalnya ada kuman dari gigi dan mulut yang terbawa oleh aliran darah, maka kuman tersebut bisa memicu infeksi di tempat lain. Di jantung, bisa menyerang otot jantung dan memicu radang otot jantung.

Risikonya bisa meningkat lagi pada orang yang memiliki kelainan katub jantung. Sirkulasi darah di jantung pada kondisi ini mengalami turbulensi alias berputar-putar saja di satu tempat. Jika darah yang berputar-putar di tempat itu mengandung bakteri, maka selaku waktu bisa menginfeksi otot jantung.

Sama halnya dengan jantung, otak juga bisa mengalami infeksi gara-gara kuman di gigi dan mulut menyebar lewat sistem pembukuh darah. Dampaknya bisa memicu kerusakan, termasuk di antaranta bisa menyebabkan stroke dan gangguan saraf.

Untuk menghindari risiko tersebut, maka kebersihan gigi dan mulut penting untuk dijaga. Caranya dengan rajin menggosok gigi sebelum tidur dan setiap habis makan, serta memeriksakan diri ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali meski tidak terasa sakit...

KLIK ---->> INFO SEHAT
 
Back
Top