'Sejak Ada KJS, Digigit Nyamuk Saja Langsung Masuk Rumah Sakit'
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

'Sejak Ada KJS, Digigit Nyamuk Saja Langsung Masuk Rumah Sakit'

Berbagai skema jaminan kesehatan boleh saja disusun sedemikian rupa, namun selalu butuh perhitungan yang matang agar tidak kewalahan dalam penerapannya. Contohnya sejak diberlakukan Kartu Jakarta Sehat (KJS), ibaratnya digigit nyamuk saja orang langsung masuk rumah sakit dan akhirnya rumah sakit selalu penuh.

"Contohnya di RS Persahabatan saja, setelah berlaku KJS ibaratnya orang digigit nyamuk saja langsung ke RS. Itu memicu peningkatan kunjungan ke RS hingga 3 kali lipat," kata seorang dokter anak dari RS Persahabatan, dr Lilis, dalam diskusi dan orasi ilmiah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rabu (27/2/2013).

Pelajaran yang bisa dipetik dari kasus ini adalah, perlunya sistem rujukan yang matang dan sistematis agar penyedia layanan kesehatan tidak kewalahan. Penambahan jumlah fasilitas tentu juga dibutuhkan, namun efisiensi sumber daya dan fasilitas yang ada tentu akan sangat membantu.

Dahlan Iskan, Menteri BUMN yang juga menjadi pembicara dalam diskusi tersebut mengatakan bahwa Puskesmas-puskesmas di Jakarta saat ini tengah diupayakan agar terkoneksi dalam satu jaringan. Tujuannya agar penanganan pasien dan sistem rujukan berjalan lebih efisien, dan juga agar bisa langsung terintegrasi dengan layanan Askes.

"Tidak semua penyakit harus ke RS. Yang terbaik adalah ke dokter keluarga, tetapi itu kelak jangka panjang. Sementara ini Puskesmas dulu, semua orang kalau sakit ke Puskesmas. RS menangani yang memang tugasnya rumah sakit, supaya tidak kepenuhan," kata Dahlan kepada wartawan sambil lesehan di lobi FKUI Salemba.

Setelah terkoneksi dalam satu jaringan yang sama, antara puskesmas dan RS nantinya akan bisa terjalin koordinasi yang efisien. Bila butuh rujukan, bisa dicek dengan mudah RS mana yang masih memiliki kamar kosong sehingga bukan pasiennya yang harus keliling mencari RS.

"Sebaliknya, RS juga harus konsekuen. Harus menolak pasien yang tidak pakai rujukan dari Puskesmas, kecuali yang UGD (Unit Gawat Darurat). Kalau tidak konsekuen, nanti malah yang bawa rujukan yang tidak diterima," lanjut Dahlan.

Kelak setelah BPJS berlaku tahun 2014, tugas dokter di Puskesmas dibagi menjadi 3. Menurut Dahlan, ketiga dokter Puskesmas yang sebenarnya juga merupakan setengah dari tugas dokter keluarga adalah sebagai berikut.

1. Menangani pasien yang datang ke Puskesmas
2. Memberikan rujukan ke RS bagi pasien yang membutuhkan
3. Melakukan perawatan bagi yang belum sakit.

DetikHealth
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: 'Sejak Ada KJS, Digigit Nyamuk Saja Langsung Masuk Rumah Sakit'

kalau saya yang gigit, gimana?
aNaYa
aNaYa aNaYa is offline
City Level

Post: 178
 
Reputasi: 2

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.