Perempuan Korea Utara Miliki 18 Model Rambut Wajib

Kalina

Moderator
134105.jpg


Metrotvnews.com: Perempuan Indonesia punya banyak pilihan model rambut, entah itu panjang, pendek, layer, dan berombak. Tapi, tahukah Anda, kebebasan itu ternyata tidak dimiliki oleh para kaum hawa di Korea Utara.

Jika Anda adalah tipe perempuan modis pastinya tidak akan tahan bila tinggal di Pyongyang, ibu kota sekaligus kota terbesar di Korea Utara. Di sana, Anda hanya boleh menata rambut mengikuti 18 pilihan model yang ada.

Tujuan dari aturan ini dikatakan guna mencegah para perempuan terpengaruh pemikiran dan fesyen ala Barat. Foto 18 model rambut itu wajib dipasang di setiap salon di Korut. Belum cukup, potongan rambut juga harus disesuaikan dengan status si perempuan. Misalkan saja, perempuan yang sudah menikah haruslah memilih potongan pendek. Adapun yang masih lajang diperbolehkan menggunakan pita atau aksesori lainnya.

Peraturan gaya rambut ini berawal pada 2005 ketika sebuah acara televisi dengan judul yang sangat panjang 'Mari Kita Memangkas Rambut sesuai dengan Gaya Hidup Sosialis' mulai disiarkan. Peraturan itun mulai diberlakukan pada 2009 ketika Kim Jong-Il, mantan pemimpin Korea Utara, melihat ada seorang pedagang perempuan dan berkata, "Apakah dia benar-benar perempuan Korea? Mengapa tampilan dia meniru model kebiasaan buruk asing kapitalis? "

Di sisi lain, pria juga memiliki aturan baku tersendiri. Mereka disarankan memotong rambut hanya sepanjang 5 cm dan dipangkas setiap 2 minggu sekali.
 
apa wanita disana tidak tertekan ya kalau gaya rambut saja ada aturan yang diwajibkan oleh peremerintah?


Di sisi lain, pria juga memiliki aturan baku tersendiri. Mereka disarankan memotong rambut hanya sepanjang 5 cm dan dipangkas setiap 2 minggu sekali
wah barbershop pasti banyak banget & laris manis disana, tapi ini saran atau kewajiban sebenarnya ya? dan bagian pemerintah manakah yang mengawasi bagian ini, apakah polisi & kementerian pertahanan & keamanan?
 
Back
Top