BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #21   Report Post     Original Poster (OP)

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

Anda Perokok? Rontgen Paru-paru Anda Sekarang!

KOMPAS.com - Kondisi paru-paru seseorang yang merokok dan tidak merokok tentunya berbeda. Banyak bahaya kesehatan yang mengintai para perokok, utamanya kanker paru-paru.

Kanker paru sering kali tidak terdeteksi sejak dini sehingga sering disebut "silent killer". Pada stadium awal, kanker paru kerap tidak menimbulkan gejala apapun. Cara deteksi dini yang dianjurkan adalah melakukan rontgen paru.

"Kanker paru paling banyak menyerang laki-laki karena ini berhubungan erat dengan kebiasaan merokok," ujar dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Persahabatan, Agus Dwi Susanto di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Agus mengatakan, 90 persen kasus kanker paru di RS Persahabatan terjadi pada perokok. RS Persahabatan sendiri memang merupakan rumah sakit rujukan untuk penyakit paru sehingga pasiennya cukup banyak.

Ironisnya, mereka yang tidak merokok tetapi sering terpapar asap rokok juga bisa terkena kanker paru. Kanker paru baru menunjukkan gejala saat sudah stadium lanjut sehingga peluang kesembuhan pun lebih kecil.

Gejala kanker paru antara lain batuk terus menerus hingga batuk darah, sesak napas, sering merasa lelah, hingga penurunan berat badan.

"Jangan tunggu sampai gejalanya muncul karena itu artinya kondisi kanker sudah parah atau stadium lanjut," terang Agus.

Bagi Anda yang perokok, Agus pun menyarankan agar melakukan pemeriksaan dengan rontgen. Jika Anda tetap merokok, rontgen harus dilakukan rutin setiap satu tahun sekali. Pencegahan merupakan langkah yang paling baik, yaitu berhenti merokok. Bagi mereka yang tidak merokok, hindarilah paparan asap rokok.
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.518
 
Reputasi: 358

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   
       





Reply With Quote     #22   Report Post  

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

merokok pa gak ya tetep sama2 akan masuk kubur!
pengen merokok? silahkan... asal ditempatmu sendiri pa yg telah disediakan.
ga merokok? itu lebih bagus! hemat duit..
Melarang? Tuhan wae ga nyebutin hidup dilarang merokok! melibas hak azasi manusia.
---
gak enaknya kalo punya temen udah ga bisa lepas merokok minta dibelikan. dikasih sama aja ngasih racun(?) ga dikasih kok kasihan. andai membunuh sesama diijinkan.. tak tembak jidatnya!

- n1 -
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.421
 
Reputasi: 422






Reply With Quote     #23   Report Post     Original Poster (OP)

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

Merokok 25 Batang Per Hari? Ini Bahayanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Berapa batang rokok yang Anda bakar setiap harinya? Bagi pecandu rokok, mungkin bisa lebih dari 25 batang per hari atau sekitar 2 bungkus rokok.

Nah, bagi Anda yang merokok 25 batang per hari atau lebih, maka 40 kali lebih berisiko terkena kanker laring dibanding yang tidak merokok. Begitu pula bagi Anda yang sudah merokok lebih dari 40 tahun.


"Ini terjadi karena bahan karsinogen pada asap rokok yang terpapar bertahun-tahun akan menyebabkan perubahan epitel laring, menjadi displasia difus dan kemungkinan dapat berubah menjadi kanker," terang Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama, Minggu (23/8/2015).


Guru Besar Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI itu juga mengungkapkan, kematian akibat kanker laring 20 kali lebih sering pada perokok daripada yang tidak merokok.

Selain kanker laring atau pita suara, kebiasaan merokok juga berkaitan dengan sedikitnya 25 penyakit di tubuh manusia. Sejumlah penelitian mengungkapkan, orang yang merokok lebkh berisiko terkena serangan jantung, hingga kanker paru-paru.


Tjandra mengatakan, penelitian Balitbangkes menunjukkan sekitar 60 persen pria dan di bawah 5 persen perempuan di Indonesia adalah perokok. Ironisnya, usia perokok di Indonesia pun semakin muda. Berdasarkan data Global Youth Tobacco Survey (GYTS) tahun 2009, lebih dari 30 persen anak Indonesia sudah merokok sebelum usia 10 tahun.


Seperti diketahui, asap rokok mengandung 4000 bahan kimia berbahaya dan lebih dari 43 zat menyebabkan kanker. Asap rokok tak hanya membahayakan kesehatan perokok, tapi juga orang-orang di sekitar yang terpapar asap rokok.
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.518
 
Reputasi: 358

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #24   Report Post     Original Poster (OP)

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

Anda Perokok dan Bertubuh Gemuk? Waspadai Serangan Jantung

KOMPAS.com - Para ahli kembali mengingatkan bahaya merokok dan juga kelebihan berat badan atau obesitas untuk kesehatan jantung. Sebuah survei di Inggris mengungkapkan, satu dari lima pasien serangan jantung adalah perokok dan tiga dari lima pasien memiliki kelebihan berat badan.

Merokok dan juga lemak berlebih dalam tubuh bisa menyumbat aliran darah dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung. Risiko tersebut bakal naik lagi jika ternyata Kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Joe Mills, seorang ahli jantung mengatakan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat. Apalagi bagi mereka yang pernah terkena serangan jantung. Sayangnya, sering kali pasien obesitas mengabaikan saran diet yang dianjurkan dokter. Sementara itu, para perokok sulit untuk berhenti merokok.

"Pasien mengabaikan risiko jangka panjang cukup serius yang akan mereka hadapi. Penting bagi pasien untuk mengenali kondisi jantungnya," kata Joe.

Risiko penyakit jantung sebenarnya bisa dikurangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain tidak merokok dan menjaga berat badan, jagalah pola makan sehat, rutin berolahraga, cukup istirahat, dan mengelola stres. Lakukan pemeriksaan kesehatan setidaknya setahun sekali jika Anda sudah berusia di atas 30 tahun.
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.518
 
Reputasi: 358

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #25   Report Post  

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

apapun yang dibicarakan orang atau pakar kesehatan tentang bahaya rokok maka tak akan pernah diindahkan para perokok. jika ingin org indonesia berkurang yang konsumsi rokok sebenarnya mudah jika pemerintah mau melakukannya. Jika mereka (pemerintah) bingung mengatasinya maka jadikan ak menteri perdagangan biar ak membuat permennya
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 64.276
 
Reputasi: 1516






Reply With Quote     #26   Report Post  

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

intinya semua rokok itu sangat membahayakan. betul tidak gan ???
abahodon362 abahodon362 is offline
Village Level

Post: 29
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #27   Report Post  

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

sangat bahaya dua dua nya itu
odon362 odon362 is offline
Village Level

Post: 51
 





Reply With Quote     #28   Report Post  

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

susah ngasih tau pecandu rokok ....
satubola
satubola satubola is offline
National Level

Post: 1.055
 
Reputasi: 9

__________________
Berita Teknologi --> Bacait.net





Reply With Quote     #29   Report Post  

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

Kutip:
Oleh KalinaMaryadi View Post
Jutaan orang menderita akibat asap rokok

(ANTARA News) - Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi mengatakan saat ini sudah ada jutaan
orang yang menderita akibat terkena asap rokok, atau menjadi perokok pasif. "Saat ini 6,2 juta perempuan terdampak asap rokok. Selain itu 11,4 juta balita yang terganggu paru-parunya akibat asap rokok. Sehingga jutaan
orang memang telah menderita akibat rokok," kata Nafsiah Mboi di sela-sela acara pemberian
penghargaan oleh Citi Indonesia Women Council (IWC) kepada sejumlah perawat, di Jakarta, Jumat. Dia menegaskan seseorang boleh saja merokok dan membayar pengobatan atas penyakit yang muncul di kemudian hari akibat merokok. Namun
dia mengingatkan kepada para perokok untuk menghormati keberadaan orang yang tidak merokok. Dia juga meminta seluruh pihak, khususnya perempuan yang tidak merokok, untuk berani menyuarakan hak-haknya mendapatkan derajat kesehatan tertinggi. "Kalau ada yang merokok di dalam kendaraan, bilang `stop`. Percuma pendidikan tinggi kalau tidak berani bilang menolak menjadi perokok pasif," kata dia. Dia mengingatkan biaya pengobatan penyakit
akibat merokok antara lain kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, serangan jantung dan lain
sebagainya telah mencapai angka Rp2,1 triliun. Jumlah itu belum ditambah dengan biaya yang sebelumnya dikeluarkan untuk membeli rokok. "Sehingga sebaiknya percaya lah pesan yang
diberikan papan-papan peringatan merokok. Lagi
pula orang yang merokok cenderung tidak produktif, karena lebih banyak membuang-buang waktu bekerjanya dengan kegiatan merokok," ujar dia.
Artikel yang bagus, walau susah untuk memberikan pengertian kepada para perokok. Makanya mulailah dari rumah kita sendiri, anjurkan supaya ayah tidak merokok, sehingga semua keluarga terbebas dari asap rokok.
villaonline
villaonline villaonline is offline
City Level

Post: 361
 
Reputasi: 3

__________________
Belajar FOREX di PCM Brokers. Dapat sertifikat dari PCM Brokers, dan tambahan $50 USD real. Hubungi CS kami di sini.





Reply With Quote     #30   Report Post  

Re: BAHAYA MEROKOK!! AKTIF & PASIF

Banyak orang mengatakan kalau rokok elektrinik itu lebih berbahaya dari pada rokok bakar biasa ? betul atau tidak itu ?
msyahrul
msyahrul msyahrul is offline
Continent Level

Post: 3.902
 
Reputasi: 28

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Bahaya Merokok Di Tinjau Dari Segi Kesehatan nurcahyo Kesehatan 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.