Tips Terhindar Dari Flu Dan Batuk

askom

New member
ent_uploads_2011_12_sakit_paru-2236712096057513020_jpg.png

Penyakit batuk dan pilek umumnya tersebar melalui bakteri atau virus di udara lewat batuk dan bersin yang dikeluarkan penderita. Ada sekitar 200 macam virus flu yang bisa menyerang kita. Orang dewasa bisa menderita sakit flu sekitar dua hingga lima kali per tahun, sementara anak-anak mengalami sakit flu lima hingga sepuluh kali setiap tahunnya.

Miliaran Dollar Amerika Serikat dihabiskan untuk mencegah dan mengobati penyakit ini. Agar kita terhindar dari flu dan batuk berikut sejumlah tips seperti berikut :

1. Mencuci tangan dengan baik
Kebanyakan virus flu dan demam disebarkan karena kontak langsung. Anda bisa mencegah penularan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air hangat atau dengan cairan antiseptik. Hindari menggosok tangan ke mata atau hidung jika Anda belum mencuci tangan. Sebab bisa saja tangan mengandung kuman penyebab flu dan batuk yang bisa masuk ke tubuh.

2. Banyak minum
Tubuh manusia menggunakan cairan untuk menyaring kotoran yang terakumulasi di dalamnya. Semakin baik kemampuan tubuh memfilter kotoran, semakin baik pula kesehatan kita. Jika Anda sedang flu atau batuk minumlah jus jeruk. Minuman tersebut diprcaya kaya vitamin C yang akan memperkuat sistem imun.

3. Stop merokok
Merokok ataupun menjadi perokok pasif mengiritasi tenggorokan Anda sekaligus memperburuk kondisi tubuh. Data statistik menunjukkan kalau perokok berat lebih sering terserang flu dan biasanya lebih parah dari yang bukan perokok.

4. Sediakan tisu atau saputangan
Saat berada Anda berada di tempat umum, selalu sediakan tisu untuk mencegah penularan. Jagalah jarak dari mereka yang sudah menderita flu atau sudah menunjukkan gejalanya. Flu atau batuk amat menular di tiga hari pertama saat menyerang penderitanya......


 
Back
Top