Yang Membosankan Justru Menyehatkan

askom

New member
oods_0112_13_mdn_5146d8162dbc9-4758031704879768923_jpg.png

Hampir semua buah memberikan banyak manfaat, namun ada beberapa buah yang memiliki konsentrasi lebih tinggi dari vitamin dan nutrisi.

Beberapa buah-buahan ternyata memiliki manfaat khusus yang mengesankan bagi tubuh.

Ingin jantung sehat? tidak pikun? rambut sehat? dan percaya diri saat tersenyum lebar? Cari tahu apa yang Anda butuhkan untuk dimakan.

Apel: Pembersih kolesterol
Hasil penelitian yang dimuat dalam journal Academy of Nutrition and Dietetics ini menunjukkan setelah tiga bulan, kadar kolesterol bisa turun sampai 9 persen dan kadar kolesterol total turun 16 persen. Jika dikonsumsi lebih lama, penurunan tingkat kolesterol bisa lebih tajam lagi.

Pektin (sejenis serat) dan antioksidan polifenol menjadi juru selamat bagi jantung. Penelitian lain juga membuktikan bahwa apel bisa melindungi terhadap risiko asma dan penyakit paru-paru obstruktif kronik berkat tingginya antioksidan flavonoid di dalamnya. Senyawa quercetin juga turut melindungi sel-sel otak dari radikal bebas.

Stroberi: Pelawan kanker
Penelitian kecil oleh peneliti Ohio State Comperhensive Cancer Center mengiris stroberi ke dalam sereal setiap pagi atau yogurt mampu mengurangi risiko terserang kanker. Stroberi juga mampu mengurangi histologi tingkat lesi prakanker dan pembelahan sel-sel kanker serta inflamasi.

Penelitian terkini dari University of California menemukan bahwa konsumsi stroberi secara rutin bisa melawan efek pembekuan darah dan inflamasi dari makanan tinggi lemak, karbohidrat dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Serta, vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan faktor penyerapan zat besi, yang memberikan perlindungan dari rambut rontok.

Blueberi: Penghancur lemak
Penelitian terbaru dari University of Texas menemukan antioksidan dalam blueberi ampuh mengurangi jumlah sel-sel lemak pada tikus sebanyak 73 persen dan menghambat pembentukan jaringan lemak baru di tubuh tikus. Buah ini menjadi senjata ampuh melawan obesitas karena rendah kalori.

Manfaat blueberi juga dirasakan bagi otak. Antioksidan anthocyanin yang memberikan pewarna ungu cerah di kulit blueberi memberi perlindungan terhadap fungsi memori otak, sehingga mencegah timbulnya kepikunan.

Jeruk: Master metabolik
Menurut penelitian dalam journal Diabetes, antioksidan flavonoid dalam jeruk memberikan pelindungan dari tiga penyakit yang dikenal sebagai sindrom metabolik, penyakit arteri koroner, stroke dan diabetes tipe 2.

Kandungan zat nobiletin di kulit jeruk efektif mencegah atheroschlerosis atau pembentukan plak (kolesterol dan lemak) di pembuluh darah. Nobiletin juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Oleh karena itu, nobiletin berperan penting dalam mencegah stroke dan diabetes.

Jeruk juga terbukti membantu mencegah risiko kanker. Senyawa salvestrol Q40 yang ditemukan dalam kulit jeruk dapat menghentikan aktivitas enzim yang memicu pertumbuhan sel kanker. Cobalah untuk mencampurkan kulit jeruk ke dalam teh hangat atau menaburkannya ke dalam salad.

Grapefruit: Penangkal diabetes
Grapefruit bisa menurunkan risiko resistensi insulin, biang kerok munculnya diabetes tipe 2. Antioksidan naringenin yang memberikan rasa pahit di jeruk akan bertindak meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.....

INFO SELENGKAPNYA
 
Back
Top