Ini Smartphone yang Bisa Deteksi Denyut Jantung

jozz78

New member
TOKYO - Fujitsu baru-baru ini menunjukkan bagaimana inovasi terbarunya, yaitu sebuah smartphone yang dapat mengetahui detak jantung penggunanya hanya dengan melihat wajah.

Perusahaan asal Jepang ini berencana meluncurkan smartphone berteknologi ini dalam waktu dekat. Tujuannya agar dapat mengetahui informasi kesehatannya melalui data yang terekam tanpa menggunakan perangkat khusus.

Dilansir Phys, Senin (18/3/2013), smartphone ini bekerja dengan cara mengukur tekanan aliran darah seseorang melalui kecerahan wajahnya.

Para peneliti mengatakan, tingkat kecerahan wajah dapat dilihat dari banyaknya aliran darah yang dialirkan ke wajah, sehingga memungkinkan kadar hemoglobin dapat dipantau.

Adapun pengertian dari hemoglobin itu sendiri adalah sebuah protein yang ditemukan dalam sel darah merah yang mengandung zat besdi dan oksigen.

Caranya mudah, cukup dengan mengarahkan kamera depan smartphone ke arah wajah seseorang selama lima detik maka kamera akan menganalisis detak jantungnya.

“Bahkan ketika Anda sedang sibuk di kantor ataupun setiap duduk depan PC, baik untuk telekonfrensi atau menulis e-mail, detak jantung Anda akan terekam dan terukur secara singkat,” ujar perwakilan Fujitsu dalam sebuah siaran pers.

013_03_18_57_777626_JkEV4HAwoL-715417172032874782_jpg.png


Sumber >>
 
Back
Top