Awas : Melonjaknya Harga Rumah Mewah Bisa Ancam Stabilitas Harga Properti

GuruRumah

New member
Sumber : Berita Properti Rumah.com

Kenaikan harga yang cukup fantastis pada rumah mewah di Jakarta diperkirakan berdampak pada harga rumah-rumah di kelas lainnya. Pemerintah diminta untuk mengantisipasinya dengan membenahi sarana infrastruktur bagi masyarakat.

Hasil survei yang terangkum dalam The Wealth Report 2013 mengungkapkan adanya kenaikan harga rumah mewah di Jakarta dan Bali yang mencapai 38%. Willson Kalip, Research & Consulting Knight Frank Indonesia mengatakan, ada konsekuensi tersendiri yang datang bersama tingginya kenaikan harga rumah mewah di kawasan Jakarta dan Bali.

“Tentu saja ini akan mendatangkan pulling effect, yaitu peningkatan harga rumah-rumah di kelas lain,” kata Willson dalam paparan The Wealth Report 2013 di Jakarta, Rabu (13/3).

Willson menambahkan, untuk mengurangi dampak dari pulling effect ini, pemerintah perlu mengembangkan sistem dan infrastruktur transportasi yang lebih memadai. “Karena ketika harga rumah menengah di kota ikut naik, masyarakat akan bergeser ke pinggiran kota. Untuk mempermudah mobilitas mereka bekerja di kota, kuncinya ada di pembenahan infrastruktur,” imbuh dia.

Baca :
Kenaikan harga rumah Jakarta dan Bali tertinggi di dunia
Harga rumah mewah Jakarta tertinggi di Asia
Negara dengan infrastruktur terbaik di dunia
 
Back
Top