Vaksinasi VAXIGRIP? : Pencegahan Utama Terhadap Influenza

nurcahyo

New member
Vaksinasi VAXIGRIP? : Pencegahan Utama Terhadap Influenza


PT Sanofi Pasteur Indonesia

Flu atau influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza. Sering disebut juga penyakit saluran pernapasan, tetapi mempengaruhi/dirasakan seluruh tubuh. Gejala infeksinya: bersifat mendadak. Gejalanya sampai 2 minggu dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius pada anak-anak yang berisiko tinggi (penderita penyakit kronis). Anda akan terbaring selama 3 ? 4 hari. Saat ini pencegahan dengan vaksinasi telah tersedia, dan banyak negara di dunia yang telah merekomendasikan termasuk Indonesia.

Setiap tahun beredar vaksin Influenza belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Negara tropis tidak memiliki musim panas dan dingin yang jelas sehingga waktu aktifitas influenza kurang dapat diprediksi, maka perlu data survelans untuk membuat pola influenza di setiap negara. Untuk kondisi di Indonesia dipilih vaksin (formulasi dari belahan utara atau selatan) yang diproduksi oleh produsen vaksin sesuai dengan waktu yang tepat (ditentukan oleh tanggal kadaluwarsa vaksin tersebut).

Vaxigrip? adalah vaksin Influenza pertama yang beredar di Indonesia sejak tahun 1999. Vaksin ini pertama kali dilisensi di Perancis tahun 1968, dan saat ini sudah terdaftar di 100 negara di dunia.

KOMPOSISI

Vaxigrip? adalah vaksin trivalent split. Vaksin ini berasal dari virus Influenza, dimana yang diambil antigen permukan, antigen internal dan protein virus-nya saja, sehingga vaksin ini mempunyai imunogenisitas tinggi dengan reaksi samping yang minimal. Masing-masing vaksin berisi 3 jenis strain virus Influenza (biasanya terdiri dari 2 tipe A dan 1 tipe B) yang diseleksi setiap tahunnya sesuai dengan rekomendasi dari WHO. Rekomendasi dari WHO ini berdasarkan hasil dari laboratorium pemantau di 180 negara yang melaporkan jenis virus influenza yang beredar, dan kemudian WHO memutuskan 3 strain virus influenza yang paling dominan, untuk kemudian diproduksi oleh produsen vaksin di seluruh dunia.

PROSES PEMBUATAN

Vaxigrip? diproduksi sesuai dengan Standard Operating Procedures dan sesuai dengan Good Manufacturing Practices. Vaxigrip? melalui 2 tahap zona ultra-centrifugation yang menghasilkan vaksin dengan kemurnian tinggi. Melalui beberapa penelitian yang telah dilakukan, keamanan Vaxigrip telah terbukti. Vaxigrip? ditoleransi dengan baik dan cukup aman, sehingga dapat diberikan baik pada individu sehat maupun yang berisiko tinggi mulai dari umur 6 bulan. Vaxigrip? juga tidak menyebabkan influenza karena vaksin ini tidak mengandung virus hidup.

MEKANISME KERJA

Vaxigrip? memberikan imunitas aktif terhadap influenza dengan cara menstimulasi tubuh untuk memproduksi antibodi anti-influenza yang menetralisir virus influenza. Respon imun yang ditimbulkan sangat baik, dan melampaui standard European Pharmacopeia dan membuktikan imunogenisitas yang baik.

HASIL UJI KLINIS

Pada penelitian skala besar yang melibatkan 53.382 orang, efikasi Vaxigrip? diperkirakan sekitar 89%.

VAKSINASI INFLUENZA

Vaxigrip? diindikasikan untuk pencegahan terhadap Influenza. Di Indonesia, pemberian vaksin ini bisa dilakukan sepanjang tahun, tetapi berdasarkan rekomendasi vaksinasi IDAI dianjurkan pada bulan September ? Oktober ( 3 bulan sebelum puncak prevalensi influenza). Vaksinasi Influenza adalah vaksinasi tahunan, karena itu harus diulang setiap tahun mengikuti perubahan virus influenza yang berubah ubah.

Berdasarkan Rekomendasi IDAI tahun 2006:

- Vaksin Influenza diberikan pada bayi dan anak sejak umur 6 bulan atau lebih pada semua individu tidak memandang ada atau tidaknya faktor risiko
- Orang yang berhubungan dengan perawatan/pendidikan anak (termasuk penghuni serumah) yang berhubungan dengan kelompok anak usia 24 ? 59 bulan ( ACIP 2006)
- Dosis vaksin : vaksin influenza intramuscular trivalent inactivated influenza(TIV) dianjurkan diberikan dengan dosis yang tepat menurut umur sebagai berikut:
o Umur 6 ? 35 bulan : 0,25 ml.
o Umur > 3 tahun : 0,50 ml.
o Umur kurang dari 9 tahun yang mendapat vaksin influenza (TIV) untuk pertama kali, harus mendapat 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu.

KEMASAN VAXIGRIP

Vaxigrip? merupakan satu-satunya vaksin dengan kemasan pre-filled syringe siap pakai : 0,5 ml dan 0,25 ml yang diformulasikan untuk anak dan dewasa.
Masing-masing 0,5 ml vaksin berisi 15 ug haemaglutinin dari ketiga strain virus influenza untuk menjamin efikasi yang maksimum. Respon imun yang ditimbulkan cepat, pada hari ke 10 ? 15 sudah terbentuk antibodi yang maksimal. Pemberian Vaxigrip? adalah dengan cara suntikan intramuskular pada paha anterolateral atau deltoid.



KONTRAINDIKASI

Kontraindikasi pemberian vaksin influenza adalah alergi terhadap komponen vaksin (misalnya telur) dan penyakit infeksi berat disertai atau tanpa demam. Perhatian khusus pada anak yang mempunyai riwayat menderita sindrom Guillain-Barre setelah imunisasi influenza.
sumber : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i c a s t o r e . c o m
 
Back
Top