Noxafil (Posaconazole) Suspensi Oral Untuk Mencegah Infeksi Jamur Inva

nurcahyo

New member
Noxafil (Posaconazole) Suspensi Oral Untuk Mencegah Infeksi Jamur Invasif



Noxafil merupakan produk baru yang berhasil dikembangkan oleh Grup Schering Plough. Noxafil yang merupakan sebuah entitas molekul baru (new molecular entity (NME)), adalah obat antijamur yang mengandung substansi aktif yang belum pernah disetujui dalam bentuk sediaan apa pun di Amerika Serikat.

FDA dalam press release tanggal 18 September 2006 lalu, menyetujui bentuk sediaan suspensi oral Noxafil (Posaconazole) 40-mg/mL untuk mencegah infeksi jamur yang disebabkan jamur tertentu dan ragi mirip jamur disebut Aspergillus dan Candida., pada pasien usia 13 tahun dan lebih yang sistem kekebalannya lemah.

FDA menyetujui obat tersebut untuk digunakan pada pasien yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang melemah setelah tranplantasi sumsum tulang belakang dan untuk pasien dengan kondisi (jumlah sel darah putih menurun) dimana sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi setelah kemoterapi untuk kanker.

Sebagian besar individu tidak terinfeksi oleh jamur yang umum tersebut. Bagaimanapun, individu dengan sistem kekebalan abnormal atau sangat lemah dapat menjadi sakit bila terinfeksi. Infeksi ini sering menyebabkan kematian bagi populasi tersebut.

Cara Kerja

Suspensi oral NOXAFIL (Posaconazole) adalah agen triazol yang menghambat aktivitas poten antijamur in vitro melawan jamur patogen termasuk ragi dan jamur. Noxafil telah diuji sebagai pengobatan untuk infeksi jamur invasif pada pasien dengan penyakit yang sulit disembuhkan.

Hasil Uji Klinik

Keamanan dan efektivitas Noxafil dievaluasi dalam uji klinik yang terdiri dari 1,844 pasien dengan usia antara 13 dan 82 tahun. Dalam uji klinik acak ganda pada pasien yang memiliki sistem kekebalan rendah dan berisiko tinggi terhadap infeksi jamur invasif, diketahui bahwa pasien yang menerima Noxafil memiliki infeksi Aspergillus dan Candida dalam kondisi invasif yang lebih rendah dibandingkan dengan pasien lain yang menerima obat antijamur lain.

Dosis

Dosis yang direkomendasikan untuk posaconazol adalah 200 mg (5 mL) yang diberikan 3 kali sehari bersama makanan atau suplemen nutrisi cair. Lamanya terapi tergantung pada penyembuhan dari neutropenia atau imunosupresi.

Meskipun tidak ada penyesuaian dosis untuk pasien dengan disfungsi ginjal, pasien dengan disfungsi yang hebat menunjukkan hasil yang bervariasi dan sebaiknya dimonitor dengan ketat.

Efek Samping

Efek samping yang biasanya terjadi pada pasien yang menerima Noxafil adalah mual, muntah, diare, ruam kemerahan, penurunan kadar darah dan platelet, fungsi hati abnormal. Efek samping yang jarang mungkin berkaitan dengan obat termasuk QTc (ritme jantung abnormal) dan kerusakan fungsi hati.

Perhatian

Noxafil harus diminum dengan makanan atau suplemen nutrisi (produk yang dimaksudkan sebagai suplemen makanan) untuk membuat penyerapan obat lebih baik dalam tubuh sehingga dapat memberikan efek.

Interaksi

Noxafil berinteraksi dengan beberapa obat termasuk obat-obatan yang menekan sistem kekebalan dan interaksi ini cukup serius.

sumber : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i c a s t o r e . c o m
 
Back
Top