Bill Cosby Menangkan Kasus Domain

irigster

New member
Tanggal: 16 Sep 2005
Sumber: NamaDomain.com

NamaDomain.com, Bill Cosby memenangkan sengketa domain fatalbert.org. Domain itu didasarkan pada tokoh kartun buatannya, Fat Albert.

Arbirator dari WIPO (World Intellectual Property Organization) memerintahkan agar domain fatalbert.org diberikan ke Cosby. Aktor The Cosby Show itu, sempat menggugat penggunaan domain tersebut karena dipakai untuk mengalihkan pengunjung ke mesin komersil dan situs yang menjual produk-produk seks.

Cosby menciptakan karakter Fat Albert sebagai bagian dari pertunjukan komedi yang menceritakan kisah masa kecilnya di kawasan Philadelphia. Serial anak-anak berjudul "Fat Albert and the Cosby Kids" muncul pertama kali di CBS pada tahun 1972, dan film Fat Albert dirilis tahun lalu.

Sterling Davenport, orang yang mendaftarkan nama domain itu tidak menanggapi gugatan Cosby. Arbitrator John Kidd mengatakan, pihak tergugat tidak berhak atas nama domain tersebut.

Sejumlah selebritis seperti Morgan Freeman, Julia Roberts, Madonna, Nicole Kidman, Pamela Anderson, Pierce Brosnan dan Carmen Electra, juga telah memenangkan domain yang memakai nama mereka melalui arbitrator dari agen khusus PBB itu.

Nama domain sebenarnya bisa didapatkan siapa saja dengan biaya yang murah. Sistem arbitrasi yang berlaku sejak 1999 ini, memungkinkan mereka-mereka yang merasa berhak atas suatu nama domain untuk mengklaimnya tanpa biaya pengadilan atau biaya pengganti pembelian domain.

Sejumlah pihak mengkritik sistem yang dinilai terlalu menguntungkan pemilik trademark, dan merugikan individu lain yang sebenarnya juga berhak untuk memilikinya atas tujuan parodi, kritik atau berbagai kepentingan lainnya. (fh)
 
Back
Top