Pendaftaran Domain .id Dimulai Awal Oktober

irigster

New member
Tanggal: 26 Sep 2005
Sumber: Ni Ketut Susrini

NamaDomain.com, Jakarta, Setelah menerima penyerahan pengelolaan nama domain .id, Depkominfo mengupayakan agar pendaftaran domain .id baru, bisa terlaksana per 3 Oktober 2005. Saat ini, Depkominfo masih melakukan daftar ulang nama domain untuk melengkapi basis data pelanggan.

Hal itu disampaikan Cahyana Ahmadjayadi, Dirjen Aplikasi Telematika, Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) kepada detikinet, Kamis (22/9/2005). Cahyana menegaskan bahwa saat ini Depkominfo tengah melakukan daftar ulang nama domain untuk melengkapi basis data pelanggan.

Sampai berita ini diturunkan, keterangan di situs Depkominfo menyebutkan bahwa sudah ada 338 domain .id yang terdaftar. "Untuk pendaftaran nama domain baru, diharapkan dilaksanakan per 3 Oktober 2005," kata Cahyana.

Pendaftaran ulang domain sudah dilakukan sejak 6 September 2005. Sebelumnya, Depkominfo sudah menerima 1 CD berisi zone file pada tanggal 3 September. Zone file merupakan berkas-berkas digital yang terletak pada doamin host atau name server. File ini mencantumkan alokasi alamat Internet Protocol (IP), domain, sub-domain, dan server e-mail.

Menurut Cahyana, file tersebut masih harus diolah untuk mendapatkan basis data pelanggan. Dia menegaskan, dalam penanganan domain .id, Depkominfo hanya menerima penyerahan pengelolaan domain .id sebagai hasil keputusan dari pertemuan pihak-pihak yang bersengketa yaitu ccTLD dan APJII.

"Jadi bukan mengambil alih. Penyerahan ini bersifat sementara, hingga terbentuk dan beroperasinya lembaga nirlaba," tegasnya.
(nks)
 
Back
Top