sumber : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i

nurcahyo

New member
[FONT=Georgia, seriff][SIZE=+2]Mengapa Antibiotik Tidak Dapat Menyembuhkan Flu?[/SIZE][/FONT]


antibiotic.jpg

Antibiotik merupakan obat untuk membunuh bakteri dan hanya bisa digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Influenza (Flu) disebabkan oleh infeksi virus, dan dengan alasan ini maka tidak bisa diobati dengan antibiotik. Bakteri adalah organisme bersel satu dengan struktur sel yang sederhana. Bakteri bisa berkembang biak dan bereproduksi sendiri.


Antibiotik tidak memiliki efek terhadap virus. Virus dan bakteri merupakan organisme unik yang berbeda dalam menyebabkan infeksi. Virus adalah kapsul protein yang mengandung materi genetik. Sebuah virus tidak bisa berkembang biak sendiri. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan mengendalikan sel makhluk hidup.


Seringkali antibiotik digunakan untuk mengobati virus seperti pilek dan bahkan influenza. Hasilnya, tidak hanya antibiotik gagal untuk mengobati penyakit tersebut, tapi penyalahgunaan antibiotik ikut menyumbang masalah kesehatan masyarakat yang penting yaitu resistensi (kebal) antibiotik.


Penggunaan antibiotik yang tidak pada tempatnya (tidak rasional) bukan hanya merugikan individu yang mendapat terapi melainkan juga lingkungan sekitarnya. Bila anggota masyarakat di suatu lingkugan mengonsumsi antibiotik secara berlebihan, maka lingkungan tersebut potensial terinfeksi oleh kuman yang sudah resisten antibiotik. Beberapa penyakit disebabkan bakteri yang dapat dengan mudah disembuhkan antibiotik menjadi resisten terhadap pengobatan.


Meskipun tampaknya antibiotik merupakan salah satu pilihan untuk melawan flu, namun bukan itu masalahnya. Antibiotik memiliki tujuan yang sangat berbeda dan sebaiknya tidak digunakan untuk mengobati infeksi virus influenza. Infeksi bakteri dan virus sangat berbeda dan memerlukan penanganan yang berbeda pula.


Infeksi virus influenza tidak dapat dibunuh oleh obat. Virus tersebut hanya bisa dibasmi oleh sistem kekebalan tubuh manusia. Obat antivirus hanya dapat meredakan gejala flu, mengurangi lamanya penyakit dan sebagai pencegahan.


Untuk lebih jelasnya mengenai penyakit flu dan cara mengatasinya, sebaiknya anda mengunjungi dokter anda. Berikut ini daftar pertanyaan untuk diajukan kepada dokter anda.
  1. Bagaimana caranya mencegah flu?
  2. Bagaimana cara merawat flu?
  3. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah anak saya terkena flu?
  4. Haruskah saya mendapatkan vaksin flu untuk mencegah flu?
  5. Haruskan saya memberikan vaksin flu terhadap anak saya?
  6. Haruskah saya minum antibiotik untuk flu?
  7. Bagaimana perbedaan antivirus dengan vaksin?
  8. Dapatkah saya menggunakan antivirus sebagai cara untuk mencegah flu?
  9. Dapatkah anak saya juga menggunakan antivirus?
  10. Antivirus apa yang dapat digunakan?


Harapan untuk sembuh dan tetap bertahan hidup itu pula yang menjadi semangat anak-anak penderita kanker dalam menjalani masa pengobatan yang menelan waktu berbulan-bulan, bahkan beberapa tahun. Dukungan orangtua dan orang-orang di sekitarnya sangat berarti bagi mereka.

Di Indonesia, sudah ada Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI)yang peduli akan kanker pada anak. Kanker pada anak dapat diobati dan diupayakan sembuh bila ditemukan lebih dini. YOAI memfokuskan pada pentingnya deteksi dini kanker pada anak dan pemahaman orangtua akan gejala-gejala kanker pada anak.

sumber : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e d i c a s t o r e . c o m
 
Re: sumber : Apotik online dan media informasi obat - penyakit :: m e

hehehe
ketauan deh...
btw, lumayan juga artikel nya. Keep ciayooooooooo..
 
Back
Top