Tahu dan sereal makanan penurun kadar kolesterol

nurcahyo

New member
Tahu dan sereal makanan penurun kadar kolesterol

Tindakan menurunkan kadar kolesterol dapat dilakukan dengan diet berbagai makanan, dalam penelitian kecil yang dilakukan para ahli membuktikan, beberapa makanan dapat menurunkan kadar kolesterol sama seperti menggunakan obat statin.
Tentunya diet yang ketat bukanlah merupakan hal yang mudah.
Seseorang dapat menurunkan kadar kolesterol hanya dengan mengkonsumsi tahu dan sereal saja, dikatakan peneliti David Jenkins dari Universitas Toronto.
Jenkins dan Dr. Cyril Kendall, Canadian research chair in Metabolism and nutrition at Toronto, mempelajari 55 partisipan pria dan wanita yang berusia sekitar 50 tahun dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan berisiko mengalami penyakit jantung.
Para partisipan siap untuk melakukan diet sehat jantung. Mereka dianjurkan melakukan makan makanan tertentu, seperti almond, tahu dan makanan bersumber dari kedele, kaya serat seperti sereal, gandum, kacang-kacangan dan terung.
Setelah setahun, mereka yang melakukan diet ketat tersebut menunjukkan penurunan kadar kolesterol hingga sekitar 29%. Jenkins mengatakan bila dibandingkan dengan mereka yang menggunakan obat statin, ternyata hasil yang didapatkan sama baiknya dengan mereka yang melakukan diet.
Kelompok partisipan yang tidak dipantau diet ketatnya, menunjukkan penurunan kadar kolesterol 10 hingga 20%.
Diet rutin rendah lemah dapat berbagai macam bentuk. Satu porsi kecil daging sapi dan daging unggas tanpa kulit ditambah dengan produk yang berasal dari kacang kedele juga merupakan diet rendah lemak. Namun kombinasi diet berupa makanan kaya serat seperti sereal, gandum, kacang dan terung menurut hasil penelitian akan menurunkan kadar kolesterol yang lebih banyak, laporan hasil studi.
Diet ini merupakan diet yang baik dan saat ini telah banyak orang yang memulai untuk melakukan diet ini untuk menurunkan kadar kolesterol mereka.

sumber : Kalbe Farma Medical Portal
 
Back
Top