10 Manfaat makan bersama dengan keluarga
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

Saat ini, sudah jarang ditemukan sebuah keluarga punya waktu untuk makan bersama. Kadang-kadang ketika ada anggota keluarga yang ingin makan, ada yang sambil di depan televisi atau di kamarnya sendiri. Tradisi makan malam keluarga rasanya sudah tidak ada lagi. Bahkan, sangat sulit untuk mencari waktu guna menghabiskan waktu dengan seluruh anggota keluarga secara bersama-sama.

Padahal, makan bersama sebagai sebuah keluarga adalah hal terbaik bagi pertumbuhan anak-anak. Bukan hanya sekadar memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan makanan, tapi lebih dari itu. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan bersama:

1. Nutrisi lebih baik.
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa keluarga yang makan bersama-sama memiliki nutrisi yang lebih baik secara keseluruhan. Hal ini juga menurunkan risiko berbagai penyakit dan obesitas. Anak-anak dan orangtua mereka akan lebih banyak makan sayuran, sehingga mendapatkan lebih banyak vitamin dan nutrisi.

2. Performa anak-anak lebih baik di sekolah.
Menurut sebuah penelitian tahun 2005 di Universitas Columbia, remaja yang makan bersama keluarga mereka setidaknya lima kali seminggu lebih mungkin mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah. Anak-anak yang makan dengan keluarga mereka juga memiliki sikap yang lebih positif tentang masa depan mereka.

3. Meningkatnya komunikasi.
Makan malam bersama dalam keluarga untuk memberi kesempatan untuk komunikasi. Percakapan selama makan memberi kesempatan bagi keluarga untuk menjalin ikatan dan terhubung satu sama lain. Hal ini juga memungkinkan orangtua dan anak-anak untuk mendiskusikan topik-topik menyenangkan dan serius, dan saling belajar.

4. Mengembangkan keterampilan sosial.
Makan bersama juga membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial yang baik karena mereka belajar menjadi pendengar yang baik, dan sabar menunggu sementara orang lain sedang berbicara. Mereka juga menjadi ingin tahu tentang orang lain bukan hanya fokus pada diri sendiri.

5. Mengajarkan sopan santun di meja makan.
Kesempatan yang baik bagi orangtua untuk mengajarkan anak-anak mereka sopan santun di meja makan. Jika anak-anak tumbuh tanpa tata krama di meja makan, itu akan menciptakan banyak masalah bagi mereka dalam keberhasilan masa depan mereka.

6. Mengurangi penyalahgunaan zat.
Menurut sebuah penelitian oleh Pusat Nasional Ketergantungan dan Penyalahgunaan Zat di Universitas Colombia, keluarga yang tidak makan malam bersama tiga setengah kali lebih rentan terhadap penyalahgunaan resep dan obat lainnya. Makan malam keluarga tentu mengurangi tingkat penyalahgunaan zat di kalangan orang dewasa dan anak-anak dalam keluarga.

7. Hubungan baik.
Makan malam keluarga merupakan kesempatan yang ideal untuk memperkuat ikatan keluarga. Anak-anak dapat menggunakan waktu makan malam untuk membicarakan hal-hal penting atau meminta orang tua mereka menjawab pertanyaan anak-anak. Kegiatan membangun hubungan juga bermanfaat bagi pertumbuhan anak-anak terutama saat mereka menghadapi masalah-masalah yang lebih sulit di usia remaja.

8. Lebih hemat.
Makanan beli tentunya lebih mengeluarkan biaya daripada makanan yang disiapkan di rumah. Jadi, ini akan menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

9. Meningkatkan cita rasa anak-anak.
Makan bersama berarti memasak makanan yang umum untuk seluruh anggota keluarga. Dengan cara ini, anak mengenal makanan baru dan tidak menjadi rewel tentang pilihan makanan.

10. Struktur dan rutin.
Rutinitas membantu anak-anak menemukan organisasi dan kemantapan dalam kehidupan keluarga mereka. Makanan keluarga secara teratur memberikan anak-anak rasa yang normal dan mereka dapat menikmati saat-saat ini setiap hari.
tersanjung tersanjung is offline
Home Level

Post: 13
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: 10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

nice tips
pandaku pandaku is offline
Village Level

Post: 78
 
Reputasi: 1

__________________
ok....





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: 10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

Aduh udah lama tidak makan bersama2, selera berbeda2.

Enak rasanya, kalau bisa setiap saat makan bersama2
jamlagicom
jamlagicom jamlagicom is offline
Village Level

Post: 67
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: 10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

menambah wawasan nich........
TamanDewi
TamanDewi TamanDewi is offline
City Level

Post: 415
 





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: 10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

tradisi ini tetap bertahan sampe skarang di keluargaku. kalo ada yang belum pulang, tetap ditungguin sampe pulang. makanya banyak teman2 ku yang heran karna alasanku pulang cuma satu, keluargaku nunggu aku pulang karena mereka mau makan
shisio
shisio shisio is offline
World Level

Post: 12.423
 
Reputasi: 132






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: 10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

Kutip:
Oleh tersanjung View Post
Saat ini, sudah jarang ditemukan sebuah keluarga punya waktu untuk makan bersama.
betul sekali den. Kita hanya dapat makan bersama d masyarakat pedesaan. kl perkotaan udah hampir ga d temukan
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.827
 
Reputasi: 1589






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: 10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

Alhamdulillah saya masih merasakan kehangatan makan bersama keluarga
jainudin
jainudin jainudin is offline
Continent Level

Post: 3.591
 
Reputasi: 47






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: 10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

terima kasih infonya
ruangkerja ruangkerja is offline
National Level

Post: 632
 
Reputasi: 2

__________________
software retail |software cafe|





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: 10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

Gw udah lama banget gak ngerasain makan bareng keluarga
Nyosordoelowan Nyosordoelowan is offline
Village Level

Post: 58
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: 10 Manfaat makan bersama dengan keluarga

tia juga dah ga pernah makan bareng keluarga, klo lapar ya makan klo ga laper ya ga makan, jadi waktu makannya beda-beda tiap anggota keluarga hahaa
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.766
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Makan Bersama Bikin Keluarga Lebih Harmonis resi_dj Keluarga & Berumah Tangga 11


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.