Panduan Menyiapkan Perlengkapan Bayi

nurcahyo

New member
Panduan Menyiapkan Perlengkapan Bayi



Kafemuslimah.com


Sekarang ini berbagai perlengkapan bayi semakin beragam dan juga makin lucu-lucu modelnya. Alhasil, kalau tidak hati-hati, Anda bisa lupa diri dan memborong banyak barang yang mungkin sebenarnya tak esensial. Itulah pentingnya membuat daftar kebutuhan. Tidak ada salahnya Anda membuat break down rinci dari kebutuhan (calon) bayi. Selain perabotan seperti boks/tempat tidur, changing table, lemari atau rak pakaian, bayi juga membutuhkan banyak perlengkapan lainnya, mulai dari pakaian, kosmetik bayi, kereta dorong (stroller), dan lain-lainnya. Anda dapat mengelompokkan menurut jenis barang maupun sifat kegunaannya. Setelah itu, Anda dapat menentukan barang-barang apa yang akan Anda prioritaskan untuk dibeli. Tak ada salahnya bila Anda menerima hand me downs (lungsuran) dari saudara. Ini malah menguntungkan, karena Anda dapat mengalokasikan dana untuk hal atau keperluan lain.

Kebutuhan Pakaian dan Perlengkapan dari Kain Lainnya

- Minimal 2 lusin (24 buah) popok kain. Pilih yang tidak terlalu tipis tapi mudah menyerap air (misalnya, kain tetra), atau
- Bila Anda memutuskan untuk menggunakan popok sekali pakai, perhatikan benar jenis dan modelnya. Bagi bayi baru lahir, gunakan popok sekali pakai yang memang khusus untuk bayi baru lahir. Popok jenis ini memeliki lekukan di bagian depannya, tujuannya agar tidak menutupi pusar yang belum lepas.
- 1 lusin (12 buah) blus tak berlengan. Pilih bahan yang mudah menyerap keringat, bisa katun atau bahan kaus yang halus dan tidak tebal.
- 1 lusin (12 buah) blus berlengan pendek. Pilih bahan yang sama seperti blus tak berlengan.
- 3-6 buah blus tangan panjang dengan jenis bahan yang sama seperti kedua jenis blus diatas. Bila Anda tinggal di daerah yang cuacanya dingin, mungkin bayi Anda membutuhkan lebih banyak.
- Kain flanel. Meski Anda tidak berencana untuk membedong bayi, sebaiknya tetap sediakan barang ini. Anda dapat menggunakannya sebagai selimut harian atau alas perlak. Bila bayi Anda menggunakan popok kain, sediakan minimal 2 lusin (24 buah).
- 6-12 pasang kaus kaki atau lebih, bila sehari-hari bayi Anda lebih sering memakai popok kain.
- 2 buah topi bayi
- 2 buah selimut bayi
- Minimal 2 buah seprai.
- Minimal 2 buah handuk besar (untuk alas mandi atau menutup tubuh bayi setelah dimandikan)
- Minimal 2 buah handuk kecil (untuk mengeringkan tubuh bayi setelah mandi)
- Minimal 2 buah waslap. Tapi sebaiknya sediakan 4 waslap (2 waslap khusus untuk mandi, dan 2 waslap lagi khusus untuk membersihkan bagian bawah tubuh bayi jika ia buang air besar).
- Ada baiknya menyediakan celana pendek (setidaknya 1 lusin) dan celana panjang (lebih sedikit dari celana pendek), karena sekarang ini orantua cenderung memakaikan popok untuk bayinya hanya 1-2 bulan saja.
- Bagi Anda pengguna setia popok kain, jangan lupa untuk menyediakan;
-- 3-4 celana plastik
-- 2 buah perlak. 1 khusus untuk di boks/tempat tidur bayi, 1 lagi untuk diletakkan selain di boks.
-- Popok sekali pakai untuk cadangan (tak perlu banyak).

Catatan Tambahan :

- Bila Anda memutuskan untuk menggunakan popok sekali pakai sebagai popok harian si kecil, Anda harus tertib mengganti popok dan benar-benar memperhatikan kebersihan area genitalnya. Sesekali, biarkan bayi Anda bebas dari popok sekali pakai selama 1 hari penuh agar kulit, di daerah yang biasanya tertutup, dapat ?bernafas?.
- Bila Anda berencana untuk memakaikan sarung tangan kepada si kecil, Anda harus mengganti sedikitnya 2 kali sehari. Tak perlu menyediakan terlalu banyak (4-6 pasang cukup, karena memakaikan sarung tangan lebih dari 1 bulan juga tidak dianjurkan. Setiap mengganti sarung tangan, pastikan Anda membersihkan telapak tangan bayi. Buka kepalan tangannya, lap dengan waslap basah. Sela-sela jari-jarinya juga harus dibersihkan. Setelah kering benar, baru pakaikan sarung tangan yang baru.
- Meskipun Anda mulai memakaikan celana pada bayi, sebaiknya jangan buru-buru menyingkirkan popok-popok kainnya. Sampai bayi Anda bisa tengkurap (3-4 bulan), memakaikan popok kain terbukti lebih praktis dan memudahkan kerja Anda bila si kecil buang air besar, apalagi di malam hari.
- Sebenarnya bayi belum memerlukan bantal dan guling. Namun bila Anda ingin menyediakannya, pilih sarung bantal dan guling yang sesuai dengan seprai.

Kebutuhan Toiletries dan Kosmetik Bayi

? Sabun khusus bayi
? Sampo khusus bayi
? Bedak bayi. Tapi jangan membedaki muka bayi karena (serbuk bedak) dapat terhirup olehnya. Toh, tanpa dibedaki pun kulit muka si kecil akan tetap halus dan wangi.
? Minyak telon dan/atau minyak kayu putih
? Baby Oil
? Cotton buds (ukuran kecil), untuk membersihkan telinga dan hidung bayi
? Kapas (yang berbentuk bulat lebih mudah digunakan), untuk membersihkan bagian luar mata dan alat kelamin bayi.
? Baby lotion/cream, untuk menghindari ruam kulit
? Sisir
? Gunting kuku
Termometer. Sebaiknya yang digital karena memudahkan pembacaan.

Catatan tambahan :
? Minyak wangi/baby cologne sebenarnya tidak terlalu penting, karena bayi memang sudah wangi. Tapi jika ingin, Anda bisa memasukkannya ke dalam daftar belanja.
? Sering-seringlah memeriksa kuku bayi, karena cepat sekali tumbuhnya. Biasanya kuku bayi perlu digunting setiap 2 hari sekali.

Perlengkapan Mandi dan Kebersihan

? Bak mandi. Pilih yang ukurannya cukup besar sehingga bisa digunakan sampai anak berumur 2 tahun
? Alas bak mandi yang terbuat dari karet (agar dasar bak tidak licin), atau
? Alat khusus untuk menyangga tubuh bayi. Alat ini diletakkan di dalam bak, dan Anda dapat meletakkan bayi diatasnya. Perlengkapan ini akan sangat menolong Anda yang sedang belajar memandikan bayi.
? Bagi Anda pengguna setia popok kain, sediakan juga 2 buah ember yang dilengkapi dengan tutup (1 besar, 1 kecil). Kedua ember diisi dengan air, ke dalam ember kecil dapat juga ditambahkan sedikit sabun cuci. Kedua ember ini gunanya untuk tempat baju, popok, dan alas perlak yang kotor. Ember besar untuk baju, popok, dan alas perlak yang kotor terkena keringat dan ompol; sedangkan ember kecil untuk merendam baju, popok dan alas perlak yang kotor terkena feces bayi (dengan catatan; kotoran/feces bayi harus dibuang terlebih dahulu)

Perlengkapan Lainnya

? Kereta dorong bayi (stroller). Pilih yang ada sabuk pengamannya, yang berukuran besar (L) sebab siapa tahu bayi anda cepat besar, dan sebaiknya pilih yang dasar/alasnya adjustable (bisa ditekuk menyerupai sandaran tempat duduk dan kemiringan sandarannya dapat diatur). Kereta seperti ini mungkin lebih mahal, tapi sebenarnya lebih hemat karena bisa dijadikan buggy sehingga dapat digunakan cukup lama (sampai anak berumur 1 tahun atau lebih).
? Gendongan bayi. Sekarang ini modelnya semakin beragam sehingga ada banyak pilihan. Tapi tak ada salahnya kalau Anda tetap menyediakan kain gendong tradisional. Selain untuk menggendong, kain tersebut juga bisa berfungsi sebagai alas perlak.
? Tas bayi. Pilih yang ada matras yang bisa dibawa-bawa.

Catatan Tambahan :

? Jika Anda memiliki mobil, sebaiknya beli car seat. Tapi perhatikan tipenya dengan cermat, pilih yang bisa untuk bayi baru lahir.
? Tak ada salahnya menstok 1 atau 2 buah mainan bayi yang sederhana, seperti baby rattle. Karena masuk bulan kedua, bayi Anda mulai bereksplorasi.
? Sediakan beberapa buah buku cerita anak-anak. Tak ada istilah terlalu dini untuk mengenalkan buku kepada anak. Banyak studi yang menunjukkan manfaat membacakan buku bagi perkembangan anak. Meskipun penglihatannya belum fokus, bayi Anda akan tetap menikmati dan merasakan manfaat dari kegiatan membaca ?bersama? ini, melalui suara Anda.

Nah, Selamat Berbelanja..:)
 
Back
Top