3G
 
Go Back   Home > Smartphone, Aplikasi & Games Mobile

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

3G

Apa sih 3G itu?
"G" mengacu pada "Generasi". Jadi '3G' maksudnya adalah Teknologi Telepon Selular Generasi ke Tiga

Sejak pertama kali di kembangkan di Bell Labs pada tahun 1947, teknologi handphone tidah pernah berhenti berevolusi. Generasi yang lebih baru selalu memberikan pengalaman pada pemakai daripada generasi sebelumnya

Generasi Pertama telepon bergerak dimulai pada bulan Juli 1978 dengan menggunakan sinyal Analog dan cara kerjanya mirip dengan radio AM/FM. Teknologi analog ini mencakup, antara lain: Advance Mobile Phone Service (AMPS), Total Access Communications System (TACS) dan Nordic Mobile Telephone (NMT). Mungkin sebagian dari kalian masih ingat bentuk2 handphone yang dulu sering ditenteng pemakainya kemana2. Tetapi para insinyur jugatau kalo teknologi digital memiliki keunggulan dibanding teknologi analog, termasuk kualitas suara yang lebih baik, makany ateknologi digital di kembagkan untuk menggantikan teknologi analog. Akhirnya ada 2 teknologi Digital yang diterima duni yaitu Global System for Mobile Communication (GSM) n Code Division Multiple Access (CDMA). KEnapa huruf "C" ngga dimasukin ke dalam "GSM"? karena nama asli kelompok yang bertanggung jawab buat mengembangkan standar digital adalah "Group Speciale Mobile"


GSM dan CDMA menggunakan metode akses yang berbeda. GSM adalah standar yang diciptakan oleh sebuah kelompok yang melibatkan 26 perusahaan telepon bergerak di Eropa Barat sedangkan CDMA dikembangkan sendiri oleh perusahaan Amrik bernama Qualcomm. Begitu standar GSM disahkan, jaringan GSM segera dibangun diberbagai negara -termasuk Indonesia. Saat ini menurut GSM Assosiation, udah ada 2 miliar orang di seluruh dunia yang make HP berbasis GSM yangberarti jumlah ini hampir 1/3 dari total populasi dunia. Karena GSM menggantikan AMPS, teknologi ini juga disebut sebagai Generasi kedua biarpun ga pernah resmi disebut demikian. Seiring makin populernya Internet dan Email, Wireless Aplication Protocol (WAP) lalu diperkenalkan untuk memungkinkan pengguna HP untuk mengakses internet. Sayangnya kecepatan WAP sangat terbatas, padahal pelanggan juga pengen akses kedata selain komunikasi dengan suara dan teks. Untuk mengatasinya, sebuah standar baru lalu diperkenalkan, yaitu General Packet Radio Service (GPRS)

GPRS sering dibilang sbg "Generasi ke Dua Setengah" atau 2.5G, karena untuk pertama kalinya teknologi ini menambahkan packet-switching dalam jaringan GSM yang circuit-switching. Packet Switch bekerja seperti internet, dimana data dikirimkan dalam paket-paket yang terpisah. GPRS dianggap teknologi interim dalam transisi ke 3G

Setelah GPRS, sebuah teknologi yang dinamakan Enhanced Dara rates for GSM Evolution (EDGE) mulai ditawarkan oleh operator jaringan telepon seluler. EDGE memberikan kecepatan pengiriman data yang tiga kali lebih baik daripada GPRS. Namun, EDGE belum dianggap sebagai 3G.

3G berbasis teknologi W-CDMA baru mendapatkan momentum di tahun 2004. Hingga saat ini, lebih dari 150 jaringan 3G telah beroperasi secara komersil di 50 negara.

Pada dasarnya, perbedaan diantara 2G, 2.5G dan 3G terletak pada kemampuan dan kecepatannya mengantarkan data. Dengan menggunakan WAP, anda mungkin mendapatkan kecepatan 9,6 kbps, yang hanya sekitar 1/5 dari kecepatan maksimum yang dapat andaperoleh dengan menggunakan modem dial-up dan sambungan telepon biasa. GPRS memberikan kecepatan yang jaug lebih tinggi-hingga 115 kbps. Dengan EDGE, secara teoritis anda mungkin bisa mendapatkan 384 kbps.

3G menawarkan kecepatan hingga 2Mbps. Selain itu 3G juga mendukung berbagai layanan tambahan. Salah satu layanan ini adalah Video Calling dalam real time. Saat berbicara di handphone, anda dapat melihat wajah orang yang sedang berbicara dengan anda dan dia juga dapat melihat wajah anda.

Bila anda menginginkan akses ke internet tanpa kabel, Anda dapat membeli 3G PC Card. Biasanya PC Card ini dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi. Anda tinggal memasukkan kartu SIM 3G anda dan menginstall PC Card ini di komputer notebook anda dan anda akan mendapatkan akses internet dimanapun anda berada-sepanjang layanan 3G masih tersedia.

satu pertanyaan yang mungkin muncul "Dapatkah kita menggunakan hp 3G untuk menelepon orang yang menggunakan telepon GSM? Jangan kuatir, karena layanan 3G kompatible dengan layanan GSM walaupun hanya menelepon dan SMS.

1 hal lagi yang perlu diingat, 3G yang ditetapkan oleh para pemain GSM juga dikenal sebagai Wideband Code Division Multiple Access (W-CDMA). Meskipun ada "CDMA" didalam namanya, teknologi ini tidaklah merupakan bagian dari standar CDMA yang dikembangkan Qualcomm.

Untuk dapet menyediakan layanan 3G berbasis W-CDMA, operator harus mendapatkan lisensi khusus dari pemerintah.
ika_project
ika_project ika_project is offline
City Level

Post: 236
 
Reputasi: 0

__________________
:angel:
       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.