Perbedaan Hindi & Urdu

Challa

New member
Bahasa Urdu dan Bahasa Hindi pada dasarnya merupakan bahasa yang sama, sehingga pada
masa penjajahan Inggris demi menjembatani perbedaan antara Hindu dan Islam yang meruncing pada masa itu, dipergunakanlah istilah Hindustani. Akan tetapi, sejak terpecahnya India dan Pakistan pada tahun 1947, istilah Hindi dan Urdu lebih mencuat. Penutur Bahasa Hindi dan Urdu dalam
percakapan sehari-hari dapat saling memahami
karena banyaknya keserupaan dalam kosakatanya. Kedua bahasa ini juga membentuk Hindustani yang merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia dan yang paling disukai.

Namun demikian, perbedaan mendasar dari kedua bahasa ini adalah :

*Kosakata bahasa Urdu banyak menyerap kata-kata dari bahasa Arab dan bahasa Persia, sedangkan Hindi lebih condong pada penghidupan kembali kata-kata dalam bahasa Sanskerta.
*Sistem penulisan : Bahasa Hindi menggunakan aksara Devanagari sedangkan Bahasa Urdu memakai sistem penulisan Arab-Persia dengan penambahan pada huruf-huruf tertentu serta ditulis melalui sistem Nastaliq.
*Perbedaan yang makin mendasar inilah yang
mengakibatkan penutur Hindi dan Urdu mengalami kesulitan dalam memahami bahasa masing-masing. Penutur Urdu akan dapat memahami film-film Bollywood yang berbahasa Hindi, namun akan kesulitan dalam mengerti siaran berita dalam bahasa tersebut karena pengaruh bahasa Sanskerta dalam Hindi, demikian pula sebaliknya.

Wikipedia
 
kadang-kadang aku agak bingung..
saat aku lagi ngomong bahasa India ke temen Pakistan, mereka bilang, "Wow!! Your urdu is better now.."

nah loh..
 
yang aku dengar logat urdu lebih cepat dan hindi lebih pelan pengucapan nya aku sering nonton tv india dan tv pakistan

kayak bahasa jawa ada bahasa jawa halus dan ada bahasa jawa yang kasar
 
Back
Top