Asal mula Jenglot

jainudin

New member
Jenglot adalah figur berbentuk manusia yang berukuran kecil (sekitar 10-17 cm), berkulit gelap dengan tekstur kasar (seperti mumi), berwajah seperti tengkorak dan bertaring mencuat, serta memiliki rambut dan kuku yang panjang. Jenglot ditemukan di beberapa wilayah di nusantara, misalnya Jawa, Kalimantan, dan Bali. Jenglot dipercaya memiliki kekuatan mistis dan memakan darah manusia. Masyarakat Indonesia meyakini jenglot sebagai makhluk yang memiliki kekuatan mistik dan dapat mengundang bencana.
Secara medis, jenglot didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup setelah diteliti oleh tim forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Melalui foto sinar Rontgen, tidak ditemukan unsur tulang (sebagai penyangga organ mahluk hidup) namun hal yang mengejutkan justru diperoleh dari penelitian DNA lapisan kulit jenglot yang mengelupas.
Setelah diperiksa oleh Dokter Djaja Surya Atmaja dari Universitas Indonesia, ternyata lapisan kulit itu memiliki DNA mirip primata sejenis manusia. Akan tetapi, penyelidikan asal usul jenglot secara medis hanya dihentikan sampai di sana karena pemilik jenglot tidak mengizinkan jenglot dibedah, agar tidak ada hal buruk yang terjadi.
Legenda jenglot juga diangkat ke dunia hiburan, terutama untuk tema misteri dan supranatural. Film Indonesia berjudul Jenglot Pantai Selatan disutradarai oleh Rizal Mantovani, dirilis pada Februari 2011.

Jenglot_koleksi_ornamen.jpg


Jenglot katanya harus diberi makan darah manusia dan minyak japaron atau bisa juga dengan sesajen kembang tujuh rupa.

JenglotDuduk-02.jpg


Hingga saat ini sejarah asal mula jenglot tidak pernah diketahui dengan jelas,ini masih menjadi spot misteri yang harus dipecahkan.Beberapa versi mengatakan bahwa jenglot adalah penjelmaan dari batara karang.Versi lain mengatakan bahwa sebenarnya jenglot adalah orang yang mempelajari ilmu hitam dan apabila orang tersebut mati maka dia akan menjadi jenglot.Ada juga yang percaya bahwa jenglot adalah jin sehingga dalam memberikan makannya tidak perlu memakai darah manusia,cukup dengan minyak japaron.

Seandainya anda adalah orang yang skeptis dengan keberadaan jenglot dan mitos yang menyertainya maka itu adalah sebuah hal yang wajar karena di zaman seperti ini,orang-orang akan lebih percaya kepada hal yang bersifat logis.Tapi dibalik itu semua,fenomena jenglot yang rambut,gigi dan kukunya bisa memanjang adalah sebuah fakta aneh yang sampai sekarang belum bisa terungkap.

Andaikan jenglot adalah buatan manusia,bagaimana caranya dia menumbuhkan rambut,gigi dan kuku jenglot?Bagaimana anda bisa menjelaskan jenglot yang tiba-tiba ada di rumah anda,misalnya?Apalagi penampakan jenglot konon selalu didahului oleh pertanda mimpi.Bila jenglot tersebut ingin mempunyai tuan maka dia akan datang kepada orang yang cocok dengannya namun bila anda ingin mempunyai jenglot,tampaknya anda harus berburu untuk mendapatkannya.

Sadar atau tidak,selalu ada sisi lain di kehidupan ini.Jenglot akan terus ada mengisi setiap abad di kehidupan masyarakat indonesia.Mungkin kita harus berbangga karena hanya di indonesia jenglot berada.Percaya tidak percaya,jenglot itu ada.Dan itu semua hanya ada di Indonesia.

SUMBER
 
pernah baca kalau jenglot itu sebagian atau mungkin semua cuma tipuan, mungkin dari mayat anak monyet atau hewan lainnya, tinggal di atur posisinya supaya seperti manusia wafat digambat pertama, atau bersila bergaya siap difoto seperti di gambar kedua

kalau rambut, pernah baca juga rambut & kuku orang mati kadang masih bisa tumbuh, jadi mungkin itu pakai rambut & kuku orang yang sudah mati termasuk ke akarnya, kemungkinan lain si pemilik jenglot yang nambahin/ganti sendiri rambut & kukunya, sehingga terlihat tumbuh
 
Kalo kata orangtua ane nih jenglot memang pernah ada dijaman ilmu hitam dan itu adalah bentuk manusia yang sudah ribuan tahun bertapa di goa, katanya sih ada yang membacakan mantra sih jenglot dan akhirnya dia keluar dari goa untuk mencari darah manusia yang segar
 
ternyata jenglot bermacam'' bentuk juga ya . klo saya liat jenglot berwana hitam mata merah gigi taring . tpi klo yg diatas bewarna putih
 
Back
Top