Pilih Metode Khitan yang Baik

Kalina

Moderator
DOK, saya pria 18 tahun dan belum di khitan. Berat 66 kg, tinggi 169 cm. Saya berniat untuk sunat tetapi ada beberapa hal yang membuat saya bingung. Banyak yang mengatakan bahwa anestesi yang dilakukan sebelum sunat di suntikan di kepala #####, apakah hal itu menyakitkan? Konon sunat dengan metode laser lebih cepat sembuh daripada metode konvensional dan tanpa memerlukan jahitan? Berapa lama proses penyembuhan sunat? Satu hal lagi, mengapa ketika saya memakai celana dalam, ##### saya cenderung agak mengecil (masuk ke jaringan lemak) dan ketika celana dalamnya di lepas baru ##### itu berukuran normal (kurang lebih 8 cm). Apakah ukuran ##### saya tergolong kecil jika sedang ###### sekitar 14 cm dengan diameter 4cm? Terima kasih.
Oni, Malang
-----------

Khitan atau sirkumsisi secara medis telah diketahui banyak memberi manfaat. Khususnya untuk menjaga kebersihan organ #####. Setelah khitan, maka akan menjadi lebih mudah untuk membersihkan "kotoran" yang berada di leher #####.

Secara psikologis, sebaiknya sunat dilakukan saat anak sudah berani sehingga trauma psikis lebih minimal. Atau, saat anak masih bayi sekalian. Bisa juga dilakukan di luar ketentuan waktu tersebut di atas, antara lain jika sering infeksi saluran kencing karena penyebab kulit khatan panjang dengan saluran kencing bagian luar yang sempit. Sisa air kencing yang tidak tuntas akan memudahkan kuman berkembang biak dan terjadi infeksi.

Khitan yang dilakukan saat usia sudah dewasa, secara teknis tidak ada kendala. Tentang teknik yang akan digunakan, saat ini memang banyak pilihan. Ada cara konvensional yaitu pemotongan kulit khatan dengan pisau bedak, dengan bantuan elektro kauter, atau bisa dengan sarana laser.

Dari 3 cara tersebut, tindakan penyuntikan obat kebal (anaestesi lokal) sama-sama dilakukan sebelum proses pemotongan kulit kathan. Suntikan kebal yang utama dilakukan di daerah pangkal #####, suntikan tambahan bisa dilakukan di beberapa tempat di kulit #####, tetapi tidak di kepala #####. Setelah dipastikan efek obat kebal berfungsi secara efektif, baru kemudian pemotongan kulit khatan dilakukan.

Pemotongan bisa dilakukan dengan pisau bedah pada cara konvensional, atau bisa dengan elekto kauter, bisa juga dengan sarana laser. Pemotongan dengan elektro kauter atau laser hampir sama, hasilnya setelah dipotong akan sangat minim ada perdarahan. Namun, tindakan untuk menjahit luka kulit bekas irisan tetap dilakukan agar penyembuhan terjadi sempurna.

Khitan dengan cara konvensional, walaupun setelah pemotongan kulit akan tampak ada darah yang mengalir, tetapi tidak masalah. Tindakan untuk mengikat satu demi satu dari saluran darah yang terpotong merupakan keunggulan tersendiri, sehingga pasca pemotongan lebih aman dari adanya perdarahan susulan.

Masalah kecepatan penyembuhan pasca khitan bergantung banyak hal. Antara lain, kondisi kesehatan individu, kondisi sterilisasi saat tindakan, dan teknik penjepitan kulit yang dilakukan menjelang pemotongan.

Rata-rata, kulit bekas khitan sembuh sekitar 10 hari sampai 2 minggu. Cara konvensional masih dianggap lebih baik dibanding elektro kauter atau laser. Namun, keputusan untuk memilih metodenya bersifat individual. Yang sebaiknya tidak dilupakan adalah aspek seksologis. Perlunya mempertimbangkan agar setelah khitan, bukan hanya kebersihan organ ##### lebih terjaga tetapi juga sensitivitas saraf daerah ##### tidak terganggu.

Frenulum, bentukan seperti tali yang menghubungkan batang ##### dan kepala #####, usahakan tidak teriris. Bentukan yang terletak di balik kepala ##### tersebut banyak mengandung saraf yang diperlukan untuk kualitas mendapatkan sensitivitas yang prima. Faktor pengalaman tenaga medis yang melakukan khitan sangat menentukan kualitas kesembuhan serta hasil penyunatan.


Dr dr Hudi Winarso SpAnd MKes
 
Last edited by a moderator:
hallo, saya mencari informasi metode sunnat cincin,tolong bantu saya
 
Back
Top