Pengelolaan domain id jangan berlarut-larut

irigster

New member
Tanggal: 24 Aug 2005
Sumber: Arif Pitoyo

NamaDomain.com, JAKARTA (Bisnis): Mantan Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Heru Nugroho mengharapkan pembahasan mengenai pengelolaan domain .id tidak berlarut-larut dan tetap mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

Dihubungi seusai dirinya mengikuti pertemuan segitiga antara Depkominfo, APJII, dan Indonesia Top Level Domain (ID-TLD), Heru menyatakan penyerahan rekaman atau daftar domain name system (DNS) kepada Depkominfo merupakan hal yang baik.

Namun penyerahan daftar tersebut, menurut dia, perlu diikuti penyerahan database sistem lainnya agar pelayanan ke publik tidak terganggu.

Pada pertemuan segitiga tersebut dicapai kesepakatan untuk menyerahkan pengelolaan domain ke pemerintah namun pengelolaan tersebut terancam mengganggu pelayanan publik karena database yang diserahkan tidak mencakup keseluruhan.

Pengelolaan domain oleh pemerintah tersebut dilakukan menyusuyl berlarut-larutnya perbedaan pendapat antara APJII dengan ID-TLD. Namun APJII sendiri menolak pemerintah ikut campur terlalu jauh dalam pengelolaan domain.

Bahkan APJII sempat melontarkan gagasan untuk menyerahkan pengelolaan domain .id kepada konsorsium nirlaba yang terdiri dari asosiasi teknologi informasi seperti FTII, ISOC, dan APJII sebelum dibentuk lembaga nirlaba yang akan mengelola secara penuh domain .id.

Selaku Administrator ID-TLD, Budi Rahardjo menolak untuk bergabung dalam lembaga nirlaba tersebut dan tidak akan ikut campur lagi dalam pengelolaan domain .id.
 
Back
Top