Pengalaman Kerja, Sebuah Dilema?
 
Go Back   Home > Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Pekerjaan/Karir] Pengalaman Kerja, Sebuah Dilema?

Pengalaman Kerja, Sebuah Dilema?

Kapanlagi.com - Ini adalah sebuah dilema: Anda tidak bisa mendapat kerja tanpa pekerjaan, dan Anda tidak bisa mendapat pengalaman tanpa kerja. Banyak orang yang percaya akan kemampuannya jika diberi kesempatan untuk menunjukkan. Tapi bagian yang sulit adalah memperoleh kesempatan untuk mendemonstrasikan kemampuan ini dan mendapat pengalaman baru.

Inilah yang disebut paradoks kesempatan. Anda mungkin ingin jadi CEO, pindah ke lingkaran manajmen umum atau membuat dampak besar pada perusahaan tapi Anda tidak punya kesempatan untuk membuat kebijakan, tentunya Anda tidak bisa mencapai tujuan Anda.

Lalu apa yang harus dilakukan? Konsultan James M. Citrin dan Richard A. Smith, yang juga penulis buku "The 5 Patterns of Extraordinary Careers: The Guide for Achieving Success and Satisfaction," memberikan sarannya untuk Anda.

Paradoks tersebut bisa menjadi sebuah halangan yang melumpuhkan namun juga bisa menjadi sebuah prediksi yang bisa diatasi. Para eksekutif sukses jarang menemui masalah untuk mengakses kesempatan yang paling kritis dalam karir mereka, sebuah kesempatan yang sulit dijumpai oleh sejumlah golongannya. Namun mereka sadar jika mereka membutuhkan beberapa cara untuk mendapatkan pengalaman sebagai modal mereka melangkah kedepan.

Kadang hal ini terjadi sekali dalam satu dekade, penentuan jenjang karir, namun dilain waktu mereka bakal menjadi sebuah patokan pendapatan meskipun juga sebagai sebuah insiden konkret yang mendongkrak karir Anda ke jenjang yang lebih tinggi. Dari semuanya karir luar biasa harus dipilah dari karir yang termasuk kategori biasa-biasa saja dengan ditunjang kemampuan untuk mendapatkan akses yang mengarah ke pengalaman kritis.

Perubahan hidup yang dibarengi dengan perubahan karir adalah sebuah hal alami. Perubahan bentuk yang terjadi pada Grand Canyon tak terjadi dalam waktu singkat, semua pasti melalui sebuah proses erosi yang menetap (berlawanan dengan anggapan orang selama ini), lain dengan lahar yang terbentuk dari campuran pecahan batu-batu alam dalam aliran lumpur.

Kejadian alam tersebut terjadi dalam waktu yang tak pasti seperti aliran air yang membentuk aliran air terjun kecil. Lahar dapat membentuk ulang alam lebih dramatis dibanding erosi yang terjadi selama bertahun-tahun. Gambaran sebuah pedesaan maupun jalur sungai berubah dengan cepat karena sebuah bencana alam, namun perubahan pada Grand Canyon terjadi karena hasil sebuah peristiwa alam yang membutuhkan waktu selama bertahun-tahun.

Begitu halnya dengan karir. Seperti aliran sungai yang terus mengalir sepanjang waktu, karir merupakan sebuah akses yang menuntun Anda menuju pengalaman baru dan dipadukan dengan strong performance untuk membuat karir Anda semakin meningkat. Namun memang tak semudah itu Anda meraihnya, selalu ada cobaan di jalan karir Anda, yang menuntut banyak keuntungan, keinginan positif serta perubahan dramatis dalam perjalanan karir Anda.

Para eksekutif sukses selalu belajar untuk mengidentasi halangan tersebut dan membuatnya sebagai sebuah keuntungan. Mereka cenderung memainkan beberapa strategi kreatif dan semua sumber untuk melangkah lebih maju ke jenjang karir yang lebih menjanjikan.

Penyelesaian paradoks melibatkan identifikasi kesempatan yang bernilai (valuable) yang mungkin individu melewatkan hal tersebut. Adalah sangat nyaman dan alami jika Anda bisa bergabung dengan sebuah organisasi yang cukup sukses dan bisa berjalan mulus tanpa halangan. Namun ini bukan jalan yang terbaik meraih sukses di tempat kerja.

Kesempatan yang paling berarti mungkin bisa ditemukan di tempat yang kecenderungan tingkat stressnya semakin tinggi.

Namun salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan di tempat yang memang telah mencapai kesuksesan adalah mempertahankan status quo Anda. Dalam sebuah perusahaan maupun organisasi yang belum teruji bahkan cenderung membahayakan karir Anda, bagaimanapun juga harapan yang Anda jumpai sedikit lebih rendah namun benturan ataupun kejutan yang akan Anda hadapi akan semakin besar.

Sebagian organisasi tersebut akan menimbulkan rasa sakit namun juga sering terlihat begitu nyata dan mudah dicermati. Padukan semuanya dan pihak pengelola (manjemen) akan melihat dan mengatasi hal tersebut.


sumber : www.kapanlagi,com
nurcahyo
nurcahyo nurcahyo is offline
Continent Level

Post: 3.490
 
Reputasi: 13

       
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 1
salimpirlo
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.