5 Kesalahan Besar Berdiet dan Cara Pencegahannya

nurcahyo

New member
5 Kesalahan Besar Berdiet dan Cara Pencegahannya

Kapanlagi.com - Berapa kali Anda membahas masalah yang menyimpang jauh dari tujuan Anda menurunkan berat badan? Jangan khawatir Anda pasti dapat mengatasinya. Mungkin ada beberapa cara yang bisa membantu Anda agar terhindar dari masalah serupa. Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan umum yang sering Anda hadapi serta tips untuk menghindarinya.

1. Tidak Sarapan

Terlambat kerja lagi? Sebelum Anda meninggalkan rumah atau hanya sekedar minum secangkir kopi, ketahuilah bahwa menghindari sarapan pagi setipa hari berdampak buruk bagi kesehatan anda. “Masalahnya karena Anda akan merasa lapar saat Anda bekerja dan cenderung untuk makan makanan yang tidak sehat bagi tubuh” ujar Dr. Sharon Marks. “Dan itu hal tersebut akan membuat Anda memilih untuk memakan donat.”

Pencegahan: Bawalah selalu makanan di tangan Anda sehingga Anda dapat memakannya dalam perjalanan, seperti buah, yoghurt atau sereal bebas lemak dalam bentuk batangan.

2. Makanan Kegemaran Keluarga

Anda memiliki makanan favorit, dan hal tersebut sangat sulit sekali Anda hindari pada daftar menu keluarga. “Masalahnya hampir semua masakan favorit keluarga adalah makanan yang tinggi lemak dan kalori seperti lasagna, “ tambah Marks.

Pencegahan: makanlah dalam porsi kecil terutama pada makanan favorit keluarga Anda dan perbanyak porsi salad atau sayur mayur dalam menu Anda. “Cobalah untuk mengganti menu favorit keluarga dengan jenis makanan yang rendah lemak,” ujar Marks.

3. Social Over-Eating

“Makanlah apa saja yang Anda inginkan jika Anda di mengunjungi sebuah restoran, karena rata-rata sedikit sekali orang yang makan di restoran dalam satu tahunnya, “ ujar seorang ahli gizi Rosemary Stanton. Tetapi rata-rata orang cenderung untuk makan sampai sekitar empat kali sehari saat bepergian.

“Dan karena masalah tersebut, Anda membutuhkan beberapa strategi makan saat Anda sedang bepergian, dan cobalah untuk memperlakukannya secara religius sehinga hal tersebut bisa menjadi sebuah kebiasaan,” ujar Stanton.

Pencegahan: Carilah menu yang menyajikan masakan rendah kalori, seperti masakan yang dipanggang atau di bakar dan selalu mintalah saus sehingga Anda bisa selalu mengontrol kalori dalam makanan yang Anda konsumsi.

4. Tidak Menghitung Kunyahan

Makanlah sedikit keripik kentang saat Anda membersihkan rumah dan sepotong kue saat Anda memasak untuk makan malam. “Cobalah untuk selalu makan snack diantara jam makan utama sementara pikiran Anda terfokus pada hal yang lain, seperti mencuci pakaian atau membaca majalah, “ saran Marks. “ Dan tanpa terasa Anda telah mengunyah beberapa kali.”

Pencegahan: Rancanglah sebuah peraturan, seperti “ Aku tidak akan makan saat aku menonton TV.” Dan selalu catatlah point-point tersebut dalam buku jurnal Anda. Selalu mengetahui apa yang Anda catat akan membantu Anda untuk berpikir dua kali saat akan mengunyah.

5. Berharap Terlalu Banyak

Setelah beberapa bulan menjalani rutinitas Anda akan merasa bahwa tujuan Anda telah berhasil. “Terlalu berharap berat badan turun dalam waktu singkat adalah kesalahan terbesar yang dihadapi pelaku diet.” ujar Stanton. Tetapi jika Anda memang ingin mmepertahankannya cobalah untuk menguranginya tidak lebih dari ? pon sampai 2 pon seminggu. “Meskipun banyak orang mengharapkan penurunan agar berat badan mereka turun lebih dari itu, dan cenderung merasa putus asa dan mulai menyerah jika mereka tidak dapat meraih tujuan mereka.”

Pencegahan: Berpedoman pada istilah “pelan tapi pasti,” ujar Stanton: “Jika Anda memang tidak percaya bahwa satu atau dua kg merupakan jumlah yang terlalu sedikit, cobalah untuk mengurangi asupan margarin Anda setiap kali makan. Dan Anda akan mendapatkan hasilnya.”


sumber : www.kapanlagi,com
 
Back
Top