Hukum Shalat Gaib Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Hukum Shalat Gaib

AssaLamualaikum wr wb.
Ustaz, bagaimanakah hukumnya, melakukan shalat jenazah gaib? Soalnya saya diberitahu bahwa shalat gaib itu tidak disyariatkan dan ia hanya khusus untuk Raja Najasyi saja sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Nabi SAW. Mohon penjelasannya.

Hamba ALLah


WaaLaikumussaLam wr wb.
Shalat gaib adalah shalat jenazah yang dilakukan umat Islam terhadap saudaranya sesama Muslim yang wafat, tetapi jenazahnya tidak berada di depan orang yang melakukan shalat jenazah itu, melainkan di tempat lain. Dan, memang asal persyariatan shalat gaib ini adalah shalat jenazah yang dilakukan Nabi SAW dan para sahabatnya alas Raja Najasyi yang wafat jauh di negerinya Habasyah.
Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mengumumkan kematian Al-Najasyi pada hari kematiannya. Kemudian, beliau keluar menuju tempat shalat. Lalu, betiau membariskan shaf, kemudian bertakbirempat kali. (HR Bukhari dan Muslim).
Namun, kemudian para ulama berbeda pendapat tentang hukum shalat gaib ini. Para ulama Mazhab Hanafi dan Maliki berpendapat bahwa shaat gaib itu tidak disyariatkan dan seseorang tidak dishalatkan shatat jenazah, kecuali mayitnya ada di depan orang yang menshaLatinya. Mereka mengatakan, shalat gaib yang dilakukan Nabi SAW terhadap Raja Najasyi merupakan kekhususan Nabi SAW. Dan, karena kemudian tidak ada Lagi riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi SAW melakukan shatat gaib terhadap Muslim lain selain Najasyi.
Ulama Mazhab Syafi’i dan yang masyhur dalam Mazhab Hanbati berpendapat, shalat gaib itu disyariatkan secara muttak, baik terhadap mayit yang belum dishalatkan ataupun sudah dishalatkan di tempat ia wafat. Dalil mereka adalah sha Oleh

shlat jenazah gaib yang dilakukan Nabi SAW dan para sahabatnya terhadap Raja Najasyi. Dan, tidak ada dalit sahih yang menunjukkan bahwa itu khusus untuk Nabi SAW, sedangkan umat Islam diperintahkan untuk mengikuti dan mencontoh Rasulullah SAW.
Dalam kitab Zad al-Ma’ad karangan Ibnu atQayyim disebutkan, Ibnu Taimiyyah menjelaskan bahwa yang benar adalah seorang Muslim yang wafat di daerah lain dan belum dishalatkan, harus dishalatkan secara gaib sebagaimana Nabi SAW shalat gaib terhadap Najasyi. Sedangkan, jika jenazah Muslim itu sudah dishalatkan, tidak perlu lagi dishalatkan secara gaib karena kewajiban umat Islam telah jatuh karena ia sudah dishalatkan.
Dan, pendapat yang terakhir, yaitu shalat gaib itu tidak disyariatkan untuk setiap orang, tapi hanya untuk orang yang saleh yang mempunyai banyak jasa dan keutamaan kepada umat Islam, seperti seorang ulama yang memberi banyak manfaat kepada umat dengan ilmunya, sebagaimana seorang Raja Najasyi yang telah memberikan tempat dan keamanan kepada umat Islam.
Jadi, masalah shalat gaib ini termasuk masalah khilafiyah yang menjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Dan, semua pendapat ada dasarnya berdasarkan pemahaman terhadap riwayat shalat gaib yang dilakukan Nabi SAW terhadap Raja Najasyi. Sehingga, seharusnya tidak menjadi sebab perselisihan dan saling membid’ahkan.

Tetapi, pendapat yang kuat adalah pendapat yang mengatakan bahwa shalat gaib itu disyariatkan bagi seorang Muslim yang wafat di daerah yang tidak ada yang menshalatinya, sebagaimana yang dilakukan Nabi SAW terhadap Raja Najasyi. Setanjutnya, tidak ada tagi riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi SAW shalat terhadap mayit lain selain Najasyi, padahal banyak sekali sahabat beliau yang wafat di tempat yang jauh dan Nabi SAW. Wallahu a'lam bish shawwab..







sumber : republika/tangsel pos
jainudin
Continent Level

Post: 3.593
 
Reputasi: 46

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Hukum Shalat Gaib

makasi infonya den...
tiaseptiani
Staff

Post: 20.249
 
Reputasi: 200

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Hukum Shalat Gaib

oke sip share nya bagus
aisofie
Village Level

Post: 27
 
Reputasi: 4






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Hukum Shalat Gaib

saat di pesantren, ada salah satu orang penting dan dekat dengan orang-orang pesantren meninggal dunia, dan tempat tinggalnya jauh. Banyak temen2 kalin ikutan sholat ghaib.

Tapi ada bisikan di hati kalin, supaya gak ikutan. Karena hukum Sholat Ghaib itu macam2 dan rumit. Khawatir gak paham, sebaiknya gak dilaksanakan. Ya uda, kalin gak lakuin..
KalinaMaryadi
Mod

Post: 32.201
 
Reputasi: 317

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Hukum Shalat Gaib

shalat ghaib itu sbg pengganti shalat mayit.
Village Level

Post: 40
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Hukum Shalat Gaib

Hukumnya adalah Sunnah,Boleh Ikut & Boleh Tidak.
HasanBasri
Village Level

Post: 90
 
Reputasi: 4

Reply
 


Pergunakan juga aplikasi
Alquran Online
dan Terjemahan nya, sebagai bahan kajian atau sumber
Keyboard Virtual HurufArab/Arabic untuk menulis huruf arab/arabic

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Hukum Shalat Jum'at Bagi Wanita nurcahyo Islam 7
Hukum Shalat Wanita Di Masjid nurcahyo Islam 0
Hukum Meninggalkan Shalat nurcahyo Islam 0
Hukum Meremehkan Shalat nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.