Kopi Ternyata Punya Komponen Sama dengan Kecoak dan Daging Busuk

spirit

Mod
075904_kopiluar.jpg

Selama ini mungkin kita tak sadar apa kandungan di dalam kopi. Ternyata, dalam minuman kopi terdapat beberapa zat yang tak kita sangka sebelumnya. Termasuk komponen yang terdapat pada kecoak dan daging busuk!

Majalah Wired membuat seri video animasi 'What's Inside' yang salah satunya menjelaskan kandungan kopi. Disebutkan bahwa minuman kopi 98%-nya terdiri dari air, sedangkan 2% sisanya terdiri dari beberapa komponen yang bisa jadi menjijikkan dalam konsentrasi tinggi.

Salah satunya adalah 2-ethylphenol, zat yang memiliki bau seperti aspal. Senyawa tersebut juga terdapat pada pheromone kecoak yang berfungsi memperingatkan kecoak lain akan bahaya. Selain itu ada sedikit dimethyl disulfide, yang dalam kadar tinggi akan berbau seperti daging busuk!

Zat lainnya adalah acteylmethylcarbinol, komponen yang juga terdapat dalam mentega sehingga membuat kopi terasa agak buttery. Lantas, dari mana rasa tanah yang manis pada kopi berasal? Jawabannya adalah dari trigonelline.

Kopipun mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh. Contohnya adalah streptococcus mutans yang melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Adapula 3,5-dicaffeoylquinic acid yang melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Makanya, kopi tergolong antioksidan.

Sebenarnya, kafein juga terdapat dalam toksin tanaman alkaloid seperti nikotin dan kokain. Namun, jangan khawatir, karena zat ini memblokir reseptor dari neurotransmitter adenosine penyebab kantuk. Hasilnya, Anda tetap terjaga. -detikFood
 
Back
Top