ICANN Ubah Harga Domain .Net

irigster

New member
Tanggal: 13 Jul 2005
Sumber: Detikinet.com

NamaDomain.com, Organisasi pengelola domain internet, akan mengubah biaya registrasi untuk domain .net. Perubahan ini berlaku, menyusul perbaruan kontrak dengan Verisign.

Cnet News.com yang dikutip detikinet, Senin (11/7/2005) melansir, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), diam-diam sepakat untuk mencabut batasan harga pada biaya registrasi .net. Keputusan ini dibuat bulan lalu, ketika mereka memperbarui kontrak dengan VeriSign soal menjalankan database pusat untuk penamaan domain .net.

ICANN merupakan organisasi non-profit pengelola penamaan dan pengalamatan internet. Berita tersebut kemudian beredar di Web sejak beberapa hari yang lalu.

Perusahaan layanan internet, Netcraft mengatakan, ini merupakan langkah ICANN untuk keluar dari regulasi penamaan domain.

ICANN sebelumnya mematok harga domain .net senilai US$6 (sekitar Rp 59 ribu) atau $4,25 (sekitar Rp 41 ribu), tergantung dari tipe alamat. Kebijakan harga ini berlaku sampai 31 Desembar 2006. Setelah itu, di bawah kontrak enam tahun dengan VeriSign, patokan harga ditetapkan sebesar US$4,25.

Registrar utama setuju akan memberi pemberitahuan enam bulan lebih awal, soal perubahan harga ini. Netcraft mengatakan harga mungkin tetap stabil karena pasar penamaan domain sangat bersaing. Nama domain bisa ditawarkan dalam bentuk paket web hosting.

Regulasi harga sebesar US$6 masih akan berlaku untuk domain .com, yang juga dikelola VeriSign. Kontrak itu akan berakhir November 2007.
 
Back
Top