Dua Lukisan Picasso Raib

Kalina

Moderator
PARIS - Karya seni Pablo Picasso tidak hanya memikat para kolektor, tapi juga menjadi incaran utama pencuri. Dua lukisan Picasso senilai EUR 50 juta (USD 66 juta, sekitar Rp 607,2 miliar) raib dari rumah cucunya di Paris. Hingga berita ini diturunkan, polisi belum berhasil mengungkap pelakunya.

Lukisan yang berjudul Maya and The Doll serta Portrait of Jacqueline tersebut diperkirakan dicuri malam hari, antara Senin dan Selasa lalu. Menurut polisi, tidak ada tanda-tanda kekerasan untuk masuk ke dalam rumah.

Meski polisi menyebut hanya dua lukisan, Direktur Museum Picasso di Paris Anne Baldassari mengatakan, beberapa lukisan dan gambar telah dicuri dari rumah Diana Widmaier-Picasso. "Itu adalah pencurian bernilai besar," katanya tanpa menyebut secara detail.

Maya and The Doll adalah lukisan berwarna yang menggambarkan seorang wanita muda berambut pirang yang dikepang. Gambar itu adalah potret Maya Widmaier, putri Picasso dengan Marie-Therese Walter, yang menjadi kekasihnya pada 1924-1944. Lukisan tersebut merupakan versi lain dari lukisan yang dipajang di Museum Picasso.

Badan pendata benda seni yang hilang di seluruh dunia mencatat bahwa setidaknya 444 benda seni Picasso hilang. Tidak hanya lukisan, tetapi juga litografi, gambar, dan keramik. Baru-baru ini dilaporkan telah terjadi pencurian lukisan abstrak cat air karya Picasso di Meksiko.
 
Back
Top