Menulis di Koran

rahwana

New member
Menulis artikel di koran bisa jadi adalah tempat yang paling mudah untuk ditempuh saat ini. Terbit setiap hari dengan jumlah koran yang cukup banyak. Tentu saja hal ini membuka peluang juga untuk banyak penulis menuangkan pikirannya.

Hanya saja ternyata tidak semua koran bersedia menerima tulisan orang lain selain wartawannya. Dan sayangnya lagi, sejumlah koran yang mau menerima tulisan orang luar selain wartawan ini biasanya banyak sekali menerima kiriman sehingga kita harus bersaing ketat.

Saran untuk dapat bersaing dalam tulisan ke koran adalah :
1. tulisan kita harus uptodate dalam hal berita. Artinya jangan menulis sesuatu yang tidak daya tariknya untuk masyarakat. Misalnya, kalau saat ini masyarakat sedang sangat memperhatikan flu burung, bisa jadi tulisan sekitar flu burung adalah yang sangat diminati.
2. Lengkapi tulisan kita dengan data. Jangan asal menuliskan pendapat. Kita harus melengkapi tulisan kita dengan data baik itu hasil survey, atau pengamatan, atau data lain yang kita dapatkan. Jangan lupa menuliskan bahwa data tersebut adalah data bulan X yang terbaru.
3. Lakukan analisa berdasar data. Jangan hanya memberikan opini. Setiap opini harus disertai dengan solusi. Jadi jangan cuma bisa mencaci, tapi berikan juga pendapat dan idemu.
4. Selalu baca pendapat yang ada disekitar kita dan rangkum dalam pendapat besar untuk memperkuat pendapat kita.

Pilih koran yang kira-kira cocok untuk tulisan kita. Jangan kirim artikel flu burung ke koran kriminal. So.. selamat menjadi penulis
 
Back
Top