Bahaya Penyakit Yang Ditularkan Hewan Piaraan

Kalina

Moderator
\
bahaya-penyakit-yang-ditularkan-hewan-piaraan.jpg


Vemale.com - Gemas rasanya melihat hewan piaraan dengan tingkah lucunya. Seringkali bahkan hewan piaraan menjadi teman yang paling setia, yang menemani Anda di saat Anda kesepian. Tetapi, kelucuan mereka bisa menjadi bencana apabila Anda tidak hati-hati menjaga kebersihan dan kesehatannya lho. Lewat hewan piaraan, aneka penyakit bisa ditularkan dan membuat Anda atau keluarga Anda jadi sakit.

Penyakit apa saja yang bisa ditularkan hewan piaraan pada pemiliknya? Seperti dikutip dari Merdeka.com, inilah penyakit-penyakit yang perlu Anda waspadai.

Cacing Tambang

Cacing tambah bisa ditularkan lewat kotoran hewan piaraan. Terutama apabila kotoran terinjak kaki yang tidak menggunakan alas kaki. Umumnya, bahkan anak anjing atau kucing sendiri, tertular cacing tambang lewat susu atau kotoran induknya.

Cacing Gelang

Umumnya cacing gelang ini menular pada manusia dengan cara yang sama seperti cacing tambang. Tetapi, cacing gelang juga bisa tertular lewat makanan yang tak sengaja membawa telur cacing gelang. Anak anjung atau kucing terinfeksi cacing gelang ketika di dalam kandungan induknya.

Toksoplasmosis

Penyakit ini paling sering diderita kucing dan mengancam wanita. Wanita yang menderita tokso disarankan agar menyembuhkan penyakitnya terlebih dahulu sebelum hamil, agar tidak mengganggu kandungan. Disarankan agar membersihkan kotoran kucing tidak dilakukan dengan tangan tanpa perlindungan. Dan akan lebih baik lagi apabila kucing tidak diberi makanan mentah, sehingga tidak terinfeksi toksoplasmosis.

Penyakit Lyme

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Borrelia burgdoferi. Penyebaran penyakit Lyme dilakukan oleh kutu. Infeksi penyakit ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan penurunan sistem immune tubuh serta dapat mengganggu ginjal.

Scabies

Nah, penyakit ini biasa ditularkan lewat peralatan atau kandang yang digunakan. Apabila hewan piaraan kurang dijaga kebersihannya, maka ia akan terbiasa menggaruk dan menggigiti kulit. Scabies dirasakan berupa gatal-gatal yang cukup mengganggu, dan bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh dan menjangkiti tubuh lebih dari tiga minggu.

Menjaga agar tidak tertular penyakit di atas, ada baiknya Anda selalu rajin menjaga kebersihan hewan, kandang serta peralatan makannya. Lakukan vaksin teratur pada hewan piaraan, serta selalu mencuci tangan dengan sabun setelah berinteraksi dengan hewan.
 
Back
Top