Van Sepanjang 7,4 Meter

Kalina

Moderator
Ford Transit XXL
Ford kembali mencetak prestasi gemilang. Berkat hasil kerja tim yang berbasis di Dunton Technical Centre, Inggris, mereka mengeluarkan Ford Transit XXL. Produk tersebut diluncurkan untuk merayakan gelar International Van of The Year 2007 atas Ford Transit.

Melihat namanya dengan embel-embel XXL di belakang, pasti yang tergambar adalah bodi yang ekstra besar. Ya, Transit XXL adalah bentuk perpanjangan dari Transit Tourneo. Bahkan, didaulat menjadi jenis Ford Transit terpanjang di dunia.

Mobil tersebut dibangun dari menyambungkan dua bodi Ford transit versi standar. Dengan desain dari tim Transit, mobil van itu, kini terasa seperti limousine karena mampu memuat tujuh penumpang. Kenyamanan yang didapat sekelas dengan pesawat first class.

Di dalam, setiap penumpang bertumpu pada jok berbahan kulit. Masing-masing kursi dapat diatur sudut sandarannya. Lengkap dengan sandaran tangan dan kaki. Seperti tempat duduk kapten dalam kokpit pesawat terbang.

Total panjang bodi mencapai 7,4 meter dengan wheelbase 5,9 meter. Kendaraan ini dirancang untuk menunjukkan fleksibilitas dan kemampuan lebih dari Ford Transit. Pembandingnya adalah Ford Tourneo yang memiliki panjang 4,9 meter dan wheelbase 2,9 meter.

Ford Transit XXL memiliki empat pintu model geser dengan dua pintu di setiap sisi. Kenyamanan penumpang ditunjang dengan semburan air conditioner dari depan dan belakang. Untuk belakang, pengontrolan dilakukan oleh penumpang sendiri.

Proyek ini belum usai. Tim tetap mengembangkan rencana dengan menanamkan sistem entertainment kelas atas. Di dalamnya akan dilengkapi DVD player dan game konsol. Masing-masing memiliki monitor tersendiri.

Pada dapur pacu, diperkuat mesin Ford 2,2 liter berkekuatan 130 tenaga kuda. Girboks memakai lima percepatan yang dirancang untuk performa mobil kelas menengah.

Tersedia dalam pilihan warna frozen white, Transit XXL tetap dilengkapi dengan fitur standar seperti navigasi satelit, Bluetooth, perangkat audio, pemanas kaca depan, dan sensor parkir.

"Tim telah memberikan pengorbanan yang luar biasa untuk menyusun mobil ini. Kami puas dengan hasilnya," ujar Barry Gale, chief engineer untuk mobil komersial dari Ford of Europe.

Dia juga menegaskan bahwa Ford Transit XXL adalah proyek penuh tantangan. "Namun tujuan kami tetap satu. Mempersembahkan kendaraan yang kuat namun fleksibel, nyaman dan aman dikendarai," pungkasnya.
 
Kendaraan yang cukup panjang, muat banyak ini. Tapi kalau di indo, maka kendaraan ini bisa jadi kurang laku. :D
 
Back
Top