Hanya Bisa Dikendarai Pemilik

Kalina

Moderator
Rinspeed eXasis
Hidup di dunia yang aman, jadi dambaan semua orang. Semua peralatan hanya bisa dijalankan oleh pemiliknya. Pintu rumah yang hanya bisa dibuka oleh kita. Komputer yang hanya bisa kita nyalakan sendiri. Kompor yang baru bisa nyala setelah kita sentuh. Atau, mobil yang mau berjalan jika hanya kita yang duduk.

Untuk itu, Rinspeed AG menghadirkan konsep mobil baru di Geneva Motor Show tahun ini. Yaitu, Rinspeed eXasis. Sebuah mobil dua penumpang dengan seluruh bodi transparan.

Kendaraan tersebut dibuat sebagai gabungan dari citarasa seni dan teknologi. Konsepnya adalah mobil yang hanya bisa digunakan pemilik resminya. Di dalam mobil ini tertanam beberapa titik sensor. Di antaranya terletak pada jok dan roda kemudi.

Bukan hanya itu, seluruh fitur yang ada di dasbor dapat diprogram sesuai keinginan pemiliknya. Intinya, mobil ini sangat spesifik.

Teknologi tersebut berkat dukungan dari Kaba. Mobil tersebut diaktifkan menggunakan chip yang tertanam di dalamnya. Sebelumnya, pemilik di-"kenal"-kan terlebih dahulu dengan mobilnya. Seluruh program diaktifkan untuk mengenali ciri dari pemilik. Teknologi itu diharapkan akan menjadi trendsetter pembuatan mobil masa depan.

Kaba adalah sebuah perusahaan yang menjadi leader di dunia industri keamanan. Perusahaan yang tersebar di lebih dari 60 negara tersebut, menyediakan inovasi baru dan solusi yang bisa diterapkan untuk sistem pengamanan. Baik pada perkantoran atau perseorangan.

Selain teknologi elktrikal dalam mobil, Rinspeed eXasis menggunakan konsep suspensi racikan KW automotive. Suspensi yang tersembunyi di dalam bodi, masing-masing bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi dan penumpangnya. Di bagian kaki depan dan belakang ditopang dengan batang coilover aluminium berkekuatan tinggi.

Dengan demikian gerak suspensi dan besarnya bantingan mobil dapat disesuaikan. Masing-masing suspensi bisa memiliki besar tekanan yang berbeda. Teknologi tersebut diadaptasi dari mobil balap.
 
Back
Top