'IDU' Percepat Timbulnya AIDS
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

'IDU' Percepat Timbulnya AIDS

'IDU' Percepat Timbulnya AIDS



KapanLagi.com - Infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) pada pengguna narkoba dengan jarum suntik (Injection Drug Users/IDU), lebih cepat menyebabkan sindroma merapuhnya kekebalan tubuh (Acquirred Immuno Deficiency Syndrome/AIDS), dibandingkan infeksi HIV pada pasangan heteroseksual atau homoseksual berisiko tinggi.

"Infeksi HIV pada pengguna narkoba dengan jarum suntik akan berkembang menjadi AIDS dalam tiga hingga lima tahun, sedangkan pada HIV pada pasangan heteroseksual bisa berkembang menjadi AIDS dalam delapan hingga 10 tahun," kata Direktur Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta, Ratna Mardiati, di Jakarta, Selasa (28/11).

Menurut Ratna, hal itu dipicu oleh kondisi pengguna narkoba dengan jarum suntik yang inkoordinatif dan tidak higienisnya alat dan bahan kimia yang mereka gunakan.

"Penggunaan narkoba dengan cara yang tidak higienis akan menyebabkan perkembangan kuman di dalam tubuh. Sementara virus HIV ini sangat kompetitif, bila ada penyakit lain dia akan lebih agresif memperbanyak diri," ujarnya.

Kondisi itu cukup mengkhawatirkan mengingat sekitar 52,6% kasus AIDS di Indonesia (total 6.987 hingga September 2006, Red) terjadi pada pengguna narkoba dengan jarum suntik.

Guna mengantisipasi hal tersebut, pemerintah telah melakukan upaya pengurangan resiko (harm reduction) sejak tahun 2000, dengan memberikan terapi Metadhone secara gratis untuk mengubah perilaku pengguna narkoba dengan jarum suntik secara bertahap, guna menurunkan resiko terinfeksi virus dan terkena sindroma merapuhnya kekebalan tubuh (HIV/AIDS).

"Ketergantungan terhadap narkotika dan zat addiktif adalah penyakit gangguan kimiawi otak kronik yang tidak bisa dihentikan begitu saja, pemulihannya memerlukan terapi pengobatan tertentu," kata Ratna, saat menjelaskan tentang fungsi terapi Metadhone.

Lebih lanjut dia menjelaskan, 'terapi rumatan' bagi pengguna narkoba dengan jarum suntik, baik dengan buprenorphin maupun metadhone, dimaksudkan untuk menggantikan fungsi otak yang mengalami kemacetan akibat ketergantungan narkotika.
nurcahyo
nurcahyo nurcahyo is offline
Continent Level

Post: 3.490
 
Reputasi: 13

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tentang HIV/AIDS Kalina Kesehatan 20
'IDU' Percepat Timbulnya AIDS nurcahyo Kesehatan 0
AIDS, Dapatkah Diobati? nurcahyo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.