Mendongkrak Midbass yang Lembek

nurcahyo

New member
Mendongkrak Midbass yang Lembek


KapanLagi.com - Menciptakan sebuah sistem audio yang enak di telinga memang susah-susah gampang. Terkadang kita dibuat binggung. Ingin yang seperti apa audio di mobil kita. Karena urusannya langsung dengan duit, jangan sampai menyesal dikemudian hari. Perlu diingat dari awal, yang kita cari adalah suara. Suara berkaitan dengan taste. Beda orang, beda pula seleranya.

Artikel ini hanya mengupas cara mengoptimalkan suara di mobil. Sering kita mendengar keluhan, "Kok midbass saya loyo? atau vokal audio mobil saya kok kurang keluar ya?"

Jawabannya pun banyak versi. Pertama karena tidak kuatnya tumpuan speaker. Kedua, vibrasi yang acap kali menjadi musuh installer saat setting dilakukan.

Sebagai ilustrasi, ada dua jembatan. Pertama dari bambu dan yang kedua dari beton. Mana yang akan dipilih? Mayoritas akan memilih yang beton karena lebih kuat. Demikian pula dengan speaker, dengan pondasi yang kuat akan lebih optimal dalam mereproduksi suara.

Bagaimana caranya agar kuat? Anda dapat menganti baut beserta murnya. Ukurannya diusahakan lebih besar dari standarnya. Pastikan tidak ada suara yang keluar dan pinggir bibir speaker. Suara yang keluar dari placament speaker lantaran dudukannya tidak kuat akan menimbulkan masalah baru saat setting dilakukan. Pastikan speaker dapat bernafas dengan bebas atau mempunyai kubikasi yang sesuai. Speaker tanpa nafas yang cukup akan berbunyi agak aneh pada frekuensi tertentu.

Vibrasi dapat ditimbulkan dari benda-benda yang bermarkas di dalam pintu kendaraan, antara lain komponen power window, kaca dan plastik pengait doortrim.

Cara mengatasinya? Gunakan peredam audio. Di pasar banyak pilihan dengan harga dan mutu beragam. Memang pemasangannya sedikit rumit dan butuh keahlian khusus. Lapisan plat besi terluar dari pintu adalah point pertama yang harus dilapisi peredam lalu point kedua adalah tulang-tulang bagian dalam pintu mobil.

Pastikan pelekatannya tanpa mengganggu fungsi dan power window dan handle kendaraan. Anda dapat mencoba fungsi power window sebelum anda menutup bagian terluar pintu. Treatment berbeda juga dapat anda lakukan. Hanya saja lebih banyak menyita waktu dan biaya. Lebih terkonsentrasi pada penguatan pada tulang-tulang pintu kendaraan dengan pemasangan plat besi sebagai penunjang kekuatan ekstra. Tapi masih tetap mengacu pada fungsi yang sama.

Cara ini banyak dipergunakan pada mobit-mobil kontes. Placement-nya sendiri bervariatif sesuai dengan respon terbaik dari speaker. Posisi speaker untuk jenis treatment ini kebanyakan dalam kondisi on axis. Artinya dudukan arah ditentukan sebelum dipasang.

Hal ini butuh pencarian dengan menggunakan RTA, untuk menentukan letak yang cocok dan performa yang optimal. Cara pencarian selain dengan RTA juga diperlukan head unit untuk memutar cd pink noise. Cara ini membutuhkan ketelitian elstra, tidak hanya saat pengukuran, tapi juga pemilihan komponen. Keselarasan komponen sangat menunjang warna suara yang diinginkan.

Untuk cara tersebut juga dapat digunakan untuk speaker belakang. Caranya tidak jauh berbeda dengan keterangan di atas. Untuk speaker belakang memang tidak terlalu signifikan. Tapi ini akan menjadi suatu pertimbangan lebih jika anda membawa penumpang.

Ini adalah sebagian cara mengatasi permasalahan yang kerap mengangu pemilik kendaraan. Dengan kata lain, anda akan merasakan perbedaan yang besar walaupun hanya dengan cara yang sederhana dan tidak ekstrim. Efek keluaran suaranya pasti banyak berpengaruh. Suara lebih terasa mengisi kabin. Terpisahnya suara depan dan belakang akan kentara.

Jika diibaratkan penggunaan box, maka pintu kendaraan sebagai boxnya. Biasanya sekitar 4 liter tapi berbeda kendaraan,beda juga kapasitas ukuran pintunya. Mencoba untuk mengoptimalkan rahasia suara terpendam adalah cara yang layak dicoba ketimbang membiarkarmya begitu saja.

Mengingat speaker peranannya sangat penting, karena keluaran akhir suara seluruhnya bertumpu pada peranti ini. Bukan berarti perangkat lain tidak menunjang, sebuah system selalu berkaitan satu dengan yang lainnya. sehingga tercipta sebuah ke harmonisan.

Banyak hal lainnya yang mendukung hasil akhir sebuab sistem pada kendaraan. Kualitas suatu produk dalam menghasilkan suara dan tidak lepas dari tangan dingin sang instalatur dalam penerapannya kedalam kendaraan.
 
Audio mobil bisa dipasang custom, sehingga bisa enak. Namun nantinya akan menambah beban aki, jadi harus tetap dikondisikan dengan baik.
 
Back
Top