Fakta Tentang Bisnis Online Yang Harus Kita Pahami

devilzc0de

New member
Saat ini ada banyak sekali orang yang berminat menjalankan bisnis online karena bisnis ini bisa dikerjakan dari mana saja, asalkan ada perangkat komputer dan koneksi internet yang memadai. Biasanya bisnis online ini lebih banyak pada bisnis informasi yang diolah sedimikian rupa sehingga dapat dijual. Proses menjual dan promosi secara online inilah yang disebut dengan internet marketing sedangkan pelaku internet marketing biasanya disebut dengan internet marketer.

Beberapa iklan tentang bisnis online telah membuat sebagian orang terjerumus pada pemikiran yang salah tentang bisnis online. Banyak bahasa promosi yang mengatakan bahwa bisnis online itu mudah dan menyenangkan dan bisa memberikan banyak uang dalam tempo singkat. Pada kenyataannya tidak selalu seperti itu, semuanya membutuhkan proses sampai seseorang dapat dikatakan berhasil menjadi seorang internet marketer yang baik.

Ada beberapa hal yang harus kita pahami tentang bisnis online atau kerja online. Ada banyak orang yang sukses berbisnis online, tapi ada lebih banyak orang yang gagal dalam berbisnis online karena mind set yang salah dari awal. Karena itu, kita harus mengetahui beberapa fakta tentang bisnis online. Berikut ini penjelasan dari saya:

1. Bisnis Online itu perlu kerja keras

Jangan pernah percaya dengan bahasa marketing yang mengatakan bahwa bisnis online itu mudah. Iya memang mudah bagi orang yang sudah punya pengalaman dan pengetahuan yang cukup tentang bisnis online, tapi tidak untuk mereka yang masih awam tentang bisnis online.

Beberapa bahasa marketing yang menjual ebook bagaimana mendapatkan penghasilan dari internet kadang membuat saya menggeleng-geleng. Dalam sales pagenya mengatakan bahwa berbisnis online itu sangat mudah dan cukup dengan kemampuan mengetik saja dan koneksi internet. Itu hanya bahasa marketing yang berusaha mempengaruhi orang agar membeli ebooknya.

Faktanya adalah bisnis online itu membutuhkan pengetahuan yang memadai tentang strategi pemasaran online dan juga cara penyajian materi sales page. Bisnis online itu sama saja dengan bisnis offline yang butuh kerja keras, walaupun memang bisnis online memiliki beberapa kelebihan, seperti' potensi penghasilan yang tidak terbatas, modal bisnisnya cendrung lebih murah.


2. Bisnis Online itu butuh waktu

Sama seperti poin pertama, ada banyak sekali pengusaha online yang berusaha menjual ebook mereka dan mengatakan bahwa orang yang membeli ebooknya akan kaya mendadak bila melakukan strategi marketingnya. Padahal orang itu sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan hasil dari bisnis onlinenya.

Kita harus menganggap bisnis online yang kita bangun sebagai investasi jangka panjang. Bisnis yang membutuhkan proses yang tidak sebentar dan melalui tahapan yang direncanakan sehingga mencapai suatu hasil yang memang sudah diperhitungkan. Bisnis online itu harus dibangun dan dipelihara dengan baik, dan semuanya itu membutuhkan waktu dan berbagai proses di dalamnya.

3. Bisnis Online butuh modal

Modal yang dimaksud di sini bukan hanya modal materiil tapi juga modal dari diri kita sendiri, seperti; keinginan yang kuat, konsistensi, usaha yang keras, inovatif, dan lain-lain. Untuk modal materiil, tentunya ini adalah sebuah hal yang mutlak. Untuk menjalankan bisnis online kita membutuhkan koneksi internet, tentunya kita harus menyiapkan modal untuk bisa membeli perangkat dan kebutuhan lain agar bisa terkoneksi ke internet.

Jadi jangan pernah percaya dengan iklan yang mengatakan bahwa bisnis online itu tidak pake modal alias modal dengkul. Tidak ada hal yang seperti itu.

4. Bisnis online bisa dikerjakan siapa saja

Ini adalah kelebihan dari bisnis online, siapa saja bisa mengerjakannya. Tidak dibutuhkan ijasah sekolah atau perguruan tinggi agar bisa sukses di bisnis online. Yang paling penting adalah kemauan yang keras untuk belajar dan bekerja, dan konsisten dalam melakukan bisnis online tersebut.

Tidak perduli siapa Anda, apa latar belakang pendidikan Anda, tapi ini lebih kepada bagaimana Anda bisa mengembangkan bisnis online Anda. Tentunya ini perlu waktu untuk mempelajari semua strategi marketing online yang baik.

Siapapun bisa menjadi guru dan murid di bisnis online. Hari ini Anda bisa menjadi seorang newbie, tapi bisa jadi Anda akan menjadi seorang pakar bisnis online dengan penghasilan bisnis internet yang luar biasa di masa yang akan datang. Who knows?

5. Bisnis internet telah melahirkan banyak miliarder

Fakta ini sudah kita sering kita saksikan langsung. Dan tentu saja ini sesuatu yang menggembirakan bagi siapa saja yang punya minat besar dalam bisnis online. Coba kita perhatikan beberapa orang yang sukses di bisnis online, misalnya seperti Anne Ahira yang punya sekolah internet marketing, Mark Zukerberg yang punya Facebook, dan masih banyak lagi.

Memang tidak mudah untuk menjadi sukses di bisnis online, tetapi hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Jika kita serius dan terus berusaha, maka keberhasilan itu akan datang menghampiri kita perlahan-lahan.
 
den devilzc0de

Jika mengutip materi atau menerjemahkan dari website lain, harus menyertakan juga sumbernya, pastikan mematuhi peraturan website sumbernya
 
Saya setuju dengan pembuat thread di atas. Mungkin saya bisa share sedikit di sini berdasarkan pengalaman saya mempelajari internet marketing sejak 2007. Meskipun kemudian saya pasif selama hampir 5 tahun, pada hakikatnya basic dari internet marketing tidak pernah berubah.

Sebenarnya kata "bisnis online" sudah mengalami banyak perluasan makna. Dan tidak dipungkiri apa pun itu bisnisnya, atau bentuknya, selama dilakukan online menggunakan media "website" maka akan selalu terkait dengan MARKETING.

Bentuk marketing di dunia internet banyak ragam dan tehniknya. Dari iklan, link exchange, program afiliasi, dll.
Proses marketing terhubung langsung dengan tujuan promosi. Nah, berbicara promosi akan sangat terkait dengan yang namanya: building traffic, yaitu bagaimana supaya orang yang mengunjungi web kita menjadi banyak.

Metodenya tentu saja banyak ragam dari yang berbayar maupun gratisan.
Anyhow, spt yang dikatakan oleh penulis thread, bila ingin sungguh-sungguh menjadikan internet sebagai lahan pendapatan tambahan, bahkan yang utama karena memang potensi penghasilan yang didapat secara online ini sangat tidak terbatas, diperlukan pengetahuan setidaknya dalam berpromosi dan meningkatkan traffic/pengunjung. Mungkin kapan-kapan kita akan membahas lebih dalam mengenai hal tersebut.

Salam
 
Back
Top