Apasih Alter Ego itu???

YUmee_miru

Well-known member
Alter-Ego3.jpg


Apasih itu alter ego??
Katanya sih 'Diriku yang lain', Setiap orang biasanya punya alter ego, tapi alter ego kayak gimana dulu nih ?
kalo menurut tafsiran psikologi yang Daina sukai, alter ego adalah identitas pribadi yang lain (alter=yang lain) yang diciptakan oleh seorang individu ketika ia secara tak sadar berusaha mencapai super ego,
yaitu pribadi sempurna yang ingin dicapai seorang individu, entah moral, nilai-nilai maupun material/fisik,
super ego adalah sebuah idealisme sempurna seorang individu, nah, ketika terjadi konflik antara super ego dan realitas yang harus dihadapi individu, maka ia akan menciptakan alter ego, yaitu kepribadian lain dimana merupakan kompromi yang berhasil dicapai antara super ego, sebuah pribadi lain yang berbeda dari pribadi asli si individu.jadi tidak setiap individu punya alter ego.


Ada penjelasannya dari berbagai web nih, Karena menarik, Dai coba copas yah,


Kalo menurut Om Wiki, yang namanya Alter Ego (dalam Bahasa Latin artinya “aku yang lain”) merupakan diri kedua yang dipercaya beda banget dari kepribadian yang sebenarnya.
Beuh, ribet juga ya artinya.
Kalo menurut Om Google beda lagi nih Sob. Ternyata Alter Ego biasanya disebabin sama trauma ataupun ketakutan yang sangat besar di masa lalu. Atau sebut aja Alter Ego itu diciptain sama seseorang secara ga sadar karena trauma, takut akan sesuatu yang terjadi di masa lalu terulang lagi.
Kepribadian baru yang dibentuk ini sifatnya bertolak belakang banget dari sifat/karakter asli dan awalnya dia ga akan sadar kalau dia punya dan udah membentuk pribadi yang lain tersebut.
Keberadaan diri yang lain atau Alter Ego ini pertama kali dikenal di tahun 1730-an oleh Anton Mesmer. Dia menggunakan hipnotis untuk misahin Alter Ego. Percobaan ini nunjukin pola perilaku berbeda dari kepribadian sesorang dalam keadaan sadar dibandingin saat terhipnotis.
Waduuuh, kok jadi ngeri gini yaaak?!
Oke, biar ga terlalu ngeri gini aja Sob. Kalo lo ngerasa punya Alter Ego, itu bisa lo manfaatin ke arah positif, misalnya ber-aku yang lain dalam menulis. Lo bisa jadi aku yang lain dengan membuat alur cerita dan menuangkannya dalam sebuah cerita. Beuh, lo bisa jadi terkenal lho karena Alter Ego lo itu.
Tapi perlu diwaspadain juga nih, Alter Ego bisa jadi masalah serius kalo lo ga bisa ngendaliin pribadi lo yang lain. Lo bisa benar-benar kehilangan jati diri lo yang sebenarnya. Lo bakal jadi orang lain yang benar-benar ga dikenal sama orang terdekat lo apalagi orang lain, mereka bakal ngerasa jauh sama lo.
Waduh, jangan sampe kejadiaan yaaak. Amit-amit euy!
Eits, kalo lo pikir orang yang punya Alter Ego itu sakit jiwa, salah banget Sob! Artis-artis yang keren dan beken banget di jaman sekarang ternyata juga punya Alter Ego lho.
Lady Gaga dan Katy Perry adalah dua dari artis hollywood yang sukses ber Alter Ego dalam karirnya. Alter Ego malah jadi strategi pasar yang unik buat mereka.

Lady gaga
Alter-Ego.jpg

Si Mother Monster ini ternyata adalah artis/penyanyi yang paling nonjol dalam mengeksplor Alter Egonya. Dalam setiap Alter Egonya dia selalu nampilin karakter nyentrik dan unik. Alter Egonya Lady Gaga malah ada beberapa lho Sob.
- Jo Calderone. Bikin geger waktu tampil di MTV VMA di Teater Nokia 2011 lalu. Dia adalah Alter Ego laki-laki Gaga yang diakuinya berasal dari New Jersey.
- Yuyi The Mermaid. Putri duyung ini adalah Alter Ego yang dibikin Gaga berupa putri duyung dengan sirip hijau. Yuyi dan Jo Calderone tampil di video klip Lady Gaga berjudul “You and I”.

Katty Perry
Alter-Ego2.jpg

Alter Ego yang dimunculin sama katy adalah Kathy Beth Terry, perempuan kutu buku dengan behel gigi yang sangat menonjol. Sebenarnya, Katy udah nampilin Alter Egonya di video klip Last Friday Night (TGIF), tapi dia ga pernah nge-klaim secara resmi Kathy Beth Terry sebagai Alter Egonya.
Selain Lady Gaga dan Katy Perry, ada juga Christina Aguilera dengan Xtina, Beyonce dengan Sasha Fierce, Eminem dengan Slim Shady dan masih banyak lainnya. Well, mereka emang sukses banget ngejadiin Alter Ego mereka sebagai pribadi unik yang pastinya ga merusak jati diri mereka yang sebenarnya dong.

Sumber : http://majalahouch.com

Alter ego berasal dari kata Alter yang berarti lain dan ego adalah aku, jadi aku yang lain. Contoh ; seorang sahabat yang sangat memperhatikan kepentingan kita dan bersama-sama, sehingga ia mencerminkan aku, kita atau yang merupakan aku kita yang kedua. Sedangkan Alter egoisme adalah suatu kecenderungan untuk hanya simpati dengan orang yang sedikit banyak mirip aku kita. Alter ego (Latin, "lainnya I") adalah diri kedua, yang diyakini berbeda dari kepribadian seseorang normal atau asli.

Seseorang yang memiliki alter ego dikatakan menjalani hidup ganda. Istilah ini muncul dalam penggunaan umum di awal abad 19 ketika gangguan identitas disosiatif pertama kali dijelaskan oleh psikolog icero adalah orang pertama yang menggunakan istilah ini sebagai bagian dari konstruk filosofis di abad ke-1 Roma.,

Tapi ia menggambarkannya sebagai "kedua diri, teman terpercaya ". Sebuah makna yang berbeda dari alter ego dapat ditemukan dalam analisis sastra, dimana menggambarkan karakter dalam karya- karya yang berbeda yang secara psikologis mirip, atau karakter fiksi yang perilakunya, pembicaraan atau pikiran sengaja mewakili dari penulis.

Ini juga digunakan untuk merancang teman terbaik dari tokoh lain dalam cerita. Demikian pula, alter ego istilah dapat diterapkan pada peran atau persona yang diambil oleh seorang aktor atau dengan jenis lainnya dari pemain. Keberadaan "Aku yang lain " pertama kali diakui pada tahun 1730-an. Anton Mesmer menggunakan hipnotis untuk memisahkan alter ego.

Percobaan ini menunjukkan pola perilaku yang berbeda dari kepribadian individu ketika ia berada dalam keadaan sadar dibandingkan dengan ketika ia berada di bawah hipnosis.

Karakter lain telah dikembangkan di area kesadaran yang berubah-ubah, tetapi dalam tubuh yang sama. Alter ego juga digunakan untuk merujuk pada perilaku yang berbeda setiap orang dapat ditampilkan dalam situasi tertentu. Terkait konsep termasuk avatar, doppelganger, peniru, dan gangguan identitas disosiatif (DID).

.

MuDAH-MUdahan pembahasan diatas sedikit membantu. Dan sekaligus menambah wawasan pengetahuan kita. Semoga bermanfaat



Sumber : http://riedwhan.pun.bz/

Daina punya Alter Ego?
Ya, Punya.
Penjelasan no.2 lebih dai terima sih, walau tidak semua ngena,
Sejujurnya, Karena aku menggambarkannya sebagai 'Diri kedua, Teman terpercaya'.
Dan aku disini lebih memanfaatkankannya untuk berkarya sekaligus mendukung diri sendiri menjadi lebih baik...
Tidak ada yang bisa lebih mengerti diri kita kecuali kita sendiri, bukan?

Kalo menurut budaya populer, alter ego dianggap sebuah kepribadian gelap individu, hal ini karena pengaruh film Dr Jekyll and Mr Hyde, Tahu kan?
Kalo siang dia jadi Dr.Jekyll, kalo malam dia jadi pembunuh bernama Mr.Hyde,

Ini adalah cerita terkenal dimana alter ego itu sendiri adalah kepribadian yang gelap dan jahat dari individu. bila alter ego menurut kamu adalah ini maka aku bilang setiap orang punya ini,
Dalam fiksi berjudul Tirai karangan Agatha Christie, detektif Hercule Poirot menghadapi musuh terakhirnya, seorang pembunuh sempurna, yang membunuh orang dengan cara menghasut orang lain sehingga melakukan pembunuhan, disini ditulis, bahwa setiap orang punya sisi pembunuh, hanya tidak keluar karena ditahan oleh nilai-nilai pribadi yang dipegangnya, dan si pembunuh di fiksi itu (Norton) mematahkan daya tahan untuk keinginan membunuh itu.lihat kan ?menurut si pengarang, karakteristik gelap dimiliki setiap orang.

Nah supaya tidak dominan, selalu berpikir jernih dan panjang, pikirkan efek-efek samping bila keinginan 'liar'kita keluar, kerugian buat orang lain sekaligus dosa kita di mata Tuhan bila kita lakukan,

Tanamkan dalam diri, bahwa lebih baik disebut pengecut dalam kejahatan dari pada pengecut dalam kebaikan.
 
Last edited:
Tidak ada yang bisa lebih mengerti diri kita kecuali kita sendiri, bukan?
aku setuju sama kata-kata itu.

alter ego?
hmmm yg tia rasain sejenis ini bukan yah.....
tapi dulu tia pernah dalam 1 minggu berperilaku aneh sampe keluarga tia ngomong gni ke tia "ini tia bukan si? tia yang a'a (sebutan kakak) kenal ga kaya gini"

dulu tia dalam seminggu berperilaku, tanpa senyum, pendiam, ga mau diajak ngobrol pokonya kebalikan diri tia yang biasanya, yang biasanya banyak ketawa, bercanda.
apa itu juga temasuk dai?

sekarang tia malah takut sifat tia yang kaya gitu muncul lagi.. ga banget deh >.<
 
aku setuju sama kata-kata itu.

alter ego?
hmmm yg tia rasain sejenis ini bukan yah.....
tapi dulu tia pernah dalam 1 minggu berperilaku aneh sampe keluarga tia ngomong gni ke tia "ini tia bukan si? tia yang a'a (sebutan kakak) kenal ga kaya gini"

dulu tia dalam seminggu berperilaku, tanpa senyum, pendiam, ga mau diajak ngobrol pokonya kebalikan diri tia yang biasanya, yang biasanya banyak ketawa, bercanda.
apa itu juga temasuk dai?

sekarang tia malah takut sifat tia yang kaya gitu muncul lagi.. ga banget deh >.<

Itu Alter ego apa mood2an? *Ngakak*

Yepz, Tia juga banyak bikin char fiksi kan, bisa jadi itu juga merupakan pecahan pecahan diri Tia sendiri yang dinamakan Alter ego,
Katanya terciptanya sesuai kondisi kan,

Hwhwhwh jangan takut, Kembangkan aja dalam segi positif, buat motivasi misal na,

Btw, Jujur kalau Dai ditanya, "Apa menurutmu kamu waras?" Dai bakalan bilang "Nggak" dengan tegas. :I
 
Itu Alter ego apa mood2an? *Ngakak*

Yepz, Tia juga banyak bikin char fiksi kan, bisa jadi itu juga merupakan pecahan pecahan diri Tia sendiri yang dinamakan Alter ego,
Katanya terciptanya sesuai kondisi kan,

Hwhwhwh jangan takut, Kembangkan aja dalam segi positif, buat motivasi misal na,

Btw, Jujur kalau Dai ditanya, "Apa menurutmu kamu waras?" Dai bakalan bilang "Nggak" dengan tegas. :I
wkwkwkwkwkw tolong bawa aku ke RSJII >.<

hmm dulu itu lagi mood apa yah? aku aja lupa ko bisa gitu...

yang jelas mohh lagi kaya gitu =w="
menyeramkan lho, ga ada yang suka deket-deket sama tia T-T

dan dari dulu tia kalau lagis edih suka menyendiri di kebun duduk sambil ngomong sendiri hihihih kalo inget itu jadi kangen, sekarang ga ada waktu lagi kaya gitu, jadi ga bisa hibur nenangin diri, padahal cara itu efektif banget :D
 
wkwkwkwkwkw tolong bawa aku ke RSJII >.<

hmm dulu itu lagi mood apa yah? aku aja lupa ko bisa gitu...

yang jelas mohh lagi kaya gitu =w="
menyeramkan lho, ga ada yang suka deket-deket sama tia T-T

dan dari dulu tia kalau lagis edih suka menyendiri di kebun duduk sambil ngomong sendiri hihihih kalo inget itu jadi kangen, sekarang ga ada waktu lagi kaya gitu, jadi ga bisa hibur nenangin diri, padahal cara itu efektif banget :D

Nah, inih, inih, aku banget nyakakakkakak~
Menyemangati diri sendiri, dan ngena, hohoho,

Abisnya kalo dipikir2 orang lain nggak ada yang ngerti sih,
Dulu pas ABG sempet bingung juga, "Emo kah saia?"
Tapi kalo dai rasa2 lagi, Dai nggak benci dunia kok =x=;;; Nggak emo lah... jauh, hwhwh
 
Nah, inih, inih, aku banget nyakakakkakak~
Menyemangati diri sendiri, dan ngena, hohoho,

Abisnya kalo dipikir2 orang lain nggak ada yang ngerti sih,
Dulu pas ABG sempet bingung juga, "Emo kah saia?"
Tapi kalo dai rasa2 lagi, Dai nggak benci dunia kok =x=;;; Nggak emo lah... jauh, hwhwh
apa itu emo? =w=' maklum aku katro
 
Itu tuh, anak2 musik rock galau pakai celak pemuja depresi yang suka antisosial + benci dunia, hwhwhwh,
Nah masalah emo ini akan dai bahas lain waktu =w=d
oh, dandanan mu itu yah -_-

kalo kadang tia jadi terlalu polos
kadang tia jadi terlalu Galak...
itu termasuk ga yah?

wkwkwkwkw
 
oh, dandanan mu itu yah -_-

kalo kadang tia jadi terlalu polos
kadang tia jadi terlalu Galak...
itu termasuk ga yah?

wkwkwkwkw

bukan mbak, dandananku itu visual kei/Jstyle, jangan sekali2 disamain, *ngakak*
nggak mau ah emo, alayyy, dikit2 mo mati, sayat2 badan, pierching di lidah, di idung, tatoan + ngira itu keren, ababil bgt, hihihi~~

Contoh emo

emo+style+2010+++.jpg


tumblr_lnc4xvmSSw1qg9hqdo1_400.jpg
 
alter ego...... aku banyak nemuin kata ini dalam ranah j-world, salah satunya dalam hal bermusik. seperti L'arc en ciel dengan P'Unk en ciel. band yang sama hanya berbeda aliran musik dan rotasi yang membuat mereka memegang instrumen yang berbeda dari format asli mereka.

nama > posisi utama > posisi alter ego
Hyde > vokalis > pemain gitar
Tetsu > pemain bas > vokalis
Yuki > drummer > pemain bass
Ken > pemain gitar > drummer
 
alter ego...... aku banyak nemuin kata ini dalam ranah j-world, salah satunya dalam hal bermusik. seperti L'arc en ciel dengan P'Unk en ciel. band yang sama hanya berbeda aliran musik dan rotasi yang membuat mereka memegang instrumen yang berbeda dari format asli mereka.

nama > posisi utama > posisi alter ego
Hyde > vokalis > pemain gitar
Tetsu > pemain bas > vokalis
Yuki > drummer > pemain bass
Ken > pemain gitar > drummer

Iya, Ayabie juga melakukan ini, mereka bikin band alter ego gitu yang Dark banget, beda sama musik asli mereka yang lightrock,
Intinya orang yang sama tapi 'beda' yah kk,, hwhwhh
 
Kalo kamu orang yang di game biasa bikin banyak banget klonengan dengan sifat dan jenis kelamin yang beda2 lalu menyembunyikannya dari banyak orang dengan sempurna, maka, YA.
Berarti Tabi itu sisi lainku yah =w= makanya aku ga bisa lepas dari dia
wanita perkasa.... tabiku.......T-T
 
Back
Top