Ternak Kelinci

Status
Not open for further replies.

ahmadmusyrifin

New member
Memelihara binatang kesayangan, apapun itu apalagi kelinci, sobat harus siap dengan konsekuensinya, salah satunya adalah harus terus menerus belajar dan memahami seluk-beluk binatang yang sobat akan pelihara, jika tidak wah bisa bahaya, kematian binatang kesayangan sobat adalah salah satunya. So pengetahuan tentang cara ternak kelinci harus sobat pahami dan praktekkan, oke yuk kita bahas bareng –bareng.

Lalu apa yang dilakukan pertama kali kalau berternak kelinci? Yan tentu saja sobat harus beli kelincinya, jangan salah beli lho yah…., kalo belinya kambing tips ini mungkin ndak kepake hehehhehehe….heheheh

Nah setelah sobat beli kelincinya, sekarang giliran siapkan kandang, sobat bisa make beberapa alternative, bisa beli kandang yang sudah jadi, atau sobat membuat kandang kelinci sendiri, saya pengen nanti bahan khusus ttg kandang kelinci ini, karena bahasannya rada panjang, tapi intinya, kandang yang bersih dan aliran udara lancar akan menjamin kebahagiaan kelinci kesayangan sobat.

Lalu bagaimana dengan makanannya….?sebenarnya kalo kelinci sudah gede, makan hijauan apapun ndak ada masalah, tapi yang jadi masalah adalah kalo sobat beli kelincinya yang masih usia menyusui, ini yang kita harus hati-hati milihin makanan buat kelinci.

Untuk kelinci yang masih kecil, perbanyaklah makanan konsentrat, tapi hijauan tetap diberikan tapi dengan kadar yang sedikit. Nah jika kelinci sidah dewasa, terus berjenis pedaging, so pemberian makanan akan terus meningkat baik itu konsentratnya ataupun hijauan. Dan jika kelinci sobat dah gede, sobat mungkin bisa rada lega, karena pencernaan kelinci juga sudah kuat ibandingkan kelinci itu masih muda atau kecil.

Terus berapa kali kelinci diberi makan..?
Kalo cara saya, selalu penuhi kandang kelinci dengan makanan, entah itu makanan hijauan atau makanan konsentrat, kenapa…? Karena kelinci termasuk hewan yang suka ngemil makanan.

Nah itu dulu sobat kelinci, jika ada yang perlu didiskusikan, sobat bisa memanfaatkan komentar di bawah ini, atau sobat bisa maen ke blog peternak kelinci.
 
wah makasi tipsnya den... setahu saya dari dlu kelinci hanya makan sayuran saja.. eh ternyata kalau masih kecil ga bagus juga ya >.<
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top