✝♚Gothic Lolita fashion♚✝

tiaseptiani

New member
402pxnanakitadedv3.jpg

Gaya gothic lolita adalah perpaduan antara gaya gothic dan lolita fashion. secara umum gothic adalah nama suatu periode yang berkisar pada abad ke-18 di Eropa, tepatnya di Eropa Utara. Pada era ini, terjadi perkembangan besar-besaran di bidang karya seni, sastra dan arsitektur dimana perkembangan karya-karya tersebut umumnya dipengaruhi oleh tema-tema religius. sedangkan istilah lolita sering dipakai untuk merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan anak perempuan di bawah umur

Gothic lolita sendiri dipopulerkan oleh Mana dari band MALICE MIZER pada tahun 90an.Malice mizer sendiri adalah band dengan konsep terindah yang pernah saya temui, bukan hanya dari konsep berpakaian, tetapi juga dari lagu yang benar benar indah. Karena kesuksesanya, malice mizer berhasil menarik minat para cosplayer untuk meniru gaya mereka.Selain itu Mana juga merintis sebuah butik yang menyediakan fashion gothic lolita yang bernama Moi-Même-Moitié. Moi-Même-Moitié mengedepankan 2 gaya gothic andalanya yaitu EGA (Elegant Gothic Aristocrat) dan EGL (Elegant Gothic Lolita). EGA menekankan pada gaya androginy dimana pakaian nya tidak terpaku hanya untuk pria atau wanita saja, justru pria dan wanita bisa saling crossing dress.Biasanya baju yang dipakai berwarna hitam atau putih tapi tidak menutup kemungkinan menggunakan warna lain. Kesan yang ditunjukkan EGA adalah elegan yang terinspirasi dari gaya aristocrat abad 18-19. Sedangkan EGL lebih menekankan pada nuansa kekanakan.

1DR00014_02-200x300.jpg

EGA

1CT00020_01.jpg

EGL

Berdasarkan cara berpakaiannya, Gothic Lolita dapat dibagi menjadi tiga yaitu:

* Gothic Lolita: merupakan gaya paling umum dan paling populer dari sub-kategori gothic dalam Lolita Fashion. Pakaian yang dikenakan biasanya berwarna khusus hitam dan putih tetapi dapat juga meliputi warna biru-gelap kehitaman (Moitié) ataupun hitam dan merah.

* Kurololi (Lolita hitam): merupakan Gothic Lolita tetapi terbatas pada warna dengan tema serba hitam.

* Gurololi: berarti Lolita yang mengerikan atau menakutkan. Gaya ini tidak sekedar dilihat dari kostum saja tetapi harus memakai pakaian yang dilengkapi dengan darah kental, contohnya dengan perban, darah palsu, tutup mata, dan lainnya. Makeup yang digunakan oleh Gothic Lolita biasanya berwarna gelap, hal ini sangat berlawanan dengan aliran Lolita yang menonjolkan makeup warna terang. Raut wajah yang pucat juga digunakan dalam gaya ini, tetapi bukan seperti warna putih pada ’goth’. Selain itu Gothic Lolita menggunakan lipstik berwarna merah untuk pewarnaan bibir, serta eyeliner warna hitam

Dalam dunia visual kei, gothic lolita merupakan salah satu gaya yang cukup diminati. Musisi yang menggunakan gaya ini adalah mana (Malice mizer), Hizaki( Versailles), rame (Vidoll) dll.

mmm…..ngomong soal lolyta style…sebenernya masih ada macem macem lagi fashion lolyta..mari aq bahas satu -satu ^_^

MAcem_ macemnya LOLYTA STYLE
Style Lolita terbagi dalam beberapa genre, yaitu:

* Gothic Lolita (Atau gosurori, loli-goth)

Seperti yang udah aq jelasin di atas…Gothic Lolita adalah style Lolita yang paling popular di jepang.gosuloli mengadaptasi dua style dari zaman yang berbeda, yaitu gothic dari masa-masa kegelapan di eropa dan Lolita dari periode rococo dan Victorian
Busana gothic Lolita standar nya berkombinasi warna hitam dan putih. Dengan dekorasi pita dan potongan-potongan renda. Terkadang roknya di hiasi crinoline atau petticoat. Di tambah kaus kaki selutut ataupun stocking yang di lengkapi dengan sepatu boots marry jane. Aksesorisnya adalah topi, payung, bandana dan boneka. Aksesorisnya pun berkerut-kerut, berenda, dan berpita.
Dalam gothic Lolita pun terdapat dua subgenre lagi.
1.Kurololi (atau black Lolita, black X black)
Yaitu gothic Lolita yang konsisten dengan warna hitamnya.
2.Gurololi (atau horrible Lolita)
Yaitu gothic Lolita yang di mix dengan aksen-aksen mengerikan seperti darah, luka imitasi dan perban.

nanakitade1-300x297.jpg


* Sweet Lolita (atau amaloli)

Kesan yang di dapat dari penampilan ini harus semanis dan seimut mungkin. Busananya umumnya adalah terusan rok selutut. Warnanya biasanya pastel pink, biru, cream, dan merah. Aksesoris pelengkapnya adalah boneka (biasanya teddy bear)
Ada satu lagi yang termasuk sweet Lolita, yaitu shiro loli. Dalam shiro loli, pakaian yang di kenakan seluruhnya berwarna putih.

20100607-sweet-lolita-300x211.jpg

* Classic Lolita

Terinspirasi dari fashion gadis-gadis masa Victorian, baroque, dan rocaille yang masih pure. Gayanya lebih dewasa dengan aksesoris motif bunga, off white ataupun warna-warna gelap. Potonganya juga menonjolkan kelangsingan tubuh pemakai.

P7070034-225x300.jpg

* Punk Lolita

Punk Lolita merupakan kombinasi style punk & Lolita. Gaya imut anak Victorian di padu dengan rantai, peniti, pin, dan baju yang sobek-sobek.

punk6-133x300.jpg
punk9-143x300.jpg

* Erotic Lolita (atau erololi)

Erololi memakai rok yang lebih pendek dari style Lolita lainya. Erololi adalah style erotis dari Victorian kuno. Biasanya mengexpose pakaian dalam yang di kenakan di luar (korset, petticoat, dan stocking)

images.jpg

* Wa Lolita (atau wa loli)

Lolita style yang di kombinasikan dengan pakaian tradisional jepang. Biasanya di padukan dengan yukata atau kimono dengan panjang selutut.

2569069.jpg

* Qi Lolita (atau chee-loli)

Merupakan kombinasi lolita style dengan busana tradisional china seperti gipao.

dgsg.jpg

* Maid (atau meido)

Kostum maid cukup popular dalam dunia gosuloli. Di adaptasi dari kostum pelayan perancis (French maid) yang pakaian dalamnya di rombak menjadi seperti korset atau stocking tinggi hingga si pemakai terlihat sangat imut, seperti terlihat lebih muda 10 tahun ^^

i_cosplay_cafe___maid_outfit_by_kyocs.jpg

Berikut istilah yg sering di pakai dalam fashion lolyta:
1.Aristocrat (atau madam)danady
Adalah fashion jepang yang terinspirasi dari baju-baju eropa kelas bangsawan abad 19
2.Cross dress
Adalah memakai pakaian lawan jenis
3.Dandy
Style pria eropa abad 19. seperti kemeja dengan ruffles di leher atau coat panjang bangsawan perancis.
4.Elegant gothic lolita (EGL) & Elegant gothic aristocrat (EGA)
Style yang di populerkan mana lewat brand pakaianya
5.Gothic & lolita bible
Magazine books yang terbit sekali semusim. Berisi fashion tips, foto, cara menjahit, catalog butik, ide mendekorasi kostum lolita, bahkan resep makanan.
6.Gothic lolita & punk brand rock
Saingan dari gothic & lolita bible. Isinya hampir sama dengan gothic & lolita bible.
7.Lolita culture
Budaya yang berkembang di barat berhubungan dengan style lolita.
8.Moi meme moitie
Brand pakaian milik mana
9.Ouji
Karakter anak laki-laki dalam lolita fashion. Terinspirasi dari anak laki-laki yang berpakaian ala Victorian.
10.Super dollfie
Boneka yang mirip boneka porcelain. Biasanya menyerupai bishounen atau bishoujo.Aq adalah penggila boneka ini ….^w^

tt2t_10_copy_91658916.jpg

Nah itu tadi beberapa penjelasan seputar lolyta fashion….semoga bermanfaat…… :D

610x.jpg

sumber : http://devina.mirza.students-blog.undip.ac.id/2011/02/03/95/
 
Misa : boleh tuh... minta dandanin sama Dai aja >.< ahli dia dandan ala Ghotik :v


Pak Press : iya pak, Zaskia kan memang sering pakai pakaian ala Ghotic jadinya dia pakai akhiran belakang Ghotik untuk ciri khasnya
 
Back
Top