Gimana cara perawatan sepeda motor ? Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Otomotif > Sepeda Motor
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Gimana cara perawatan sepeda motor ?

Gimana cara perawatan sepeda motor supaya awet, gak sering di bawa kebengkel n gak usah beli baru lagi ?
indonesiaindonesia
Admin

Post: 6.141
 
Reputasi: 106

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

gw juga blm bisa banget ngerawat sepedah motor gw
paling ga kalau sepeda motor gw kalau gw cuci pake yang buat mengkilapkan body terus oli mesin di ganti di sesuaikan pemakaian, kalau motor lo dalam pemakain nya kurang artinya dalam jarak dekat saja jangan terlalu sering ganti oli boros.
terus kalau pemakaian kampasrem belakang contoh nya kalau sudah tidak layak pakai jangan di pakai karna bisa merusak tomol rem gampang haus, karna terjadinya gesekan.
accu juga harus di charge biar bisa mengalirkan arus listrik. ke setiap komponen2 yang membutuhkan arus listrik.
untuk saat ini itu aja kalau ada yang mau menambahkan silahkan.
Movistar
National Level

Post: 546
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #3   Report Post  

kalo mo ganti onderdil dsb liat pemakaian dan sesuaikan misalnya ganti busi tiap 10.000km, kampas rem juga tapi gw lupa tiap berapa km, trus oli sebaiknya ganti tiap 1500km tapi kalo sering keujanan sebaiknya ganti lebih sering krn bisa jadi ada air yg masuk. kalo ke bengkel mah tetep harus rutin meskipun motor qt masih bisa jalan, krn klo da dari bengkel qt jadi tau ada masalah apa sm motor qt yg qt g tau. misalnya bulb halogen yg pecah atw baut2 yg da kendor. trus kalo mau mesin awet perhatian ma gigi maksudnya, klo motor da pelan banget atw bahkan berhenti turunin lagi ke gigi 1, klo ketemu polisi tidur gede apalagi klo boncengan dan orangnya berta juga balik ke gigi 1. trus jangan asal cepet trus masuk gigi 3 tapi tunggu sampe kecepatan da 30km/jam atw lebih baru masuk gigi 3. itu siy yg gw tau klo ada yg salah tolong dikoreksi sm yg lebih tau.
yg penting jangan bengong atw bahkan ngantuk klo bawa motor, resiko kecelakaan tinggi, selama lw g jatuh, nabrak atw ditabrak orang insya 4WI motor lw lebih awet
Home Level

Post: 9
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Motor (dan kendaraan bermotor lain) terdiri dari 4 bagian besar yaitu Bodi, Mesin, Bagian Mekanis dan Kelistrikan. Maka perawatannya pun dibedakan pada masing˛ bagian.

Bodi
Sebetulnya mudah merawat bodi motor. Asal rajin membersihkan dan menjaga agar tetap kering maka biasanya bodi motor cukup awet. Apalagi jaman sekarang, sebagian besar bodi motor terbuat dari plastik yg tahan karat.
Yg perlu perhatian ekstra mungkin hanya knalpot yg masih terbuat dari logam. Sekarang banyak motor 4-tak yg BBM nya tdk dicampur olie, jadi knalpot biasanya "kering" dan mudah berkarat. Secara berkala, lepas knalpot dan tuangi dgn olie bekas. Olienya kemudian dikeluarkan lagi, hanya unt melumuri bagian dalamnya saja. Knalpot jadi lebih awet, tdk gampang berkarat dan keropos.

Mesin
Merawat mesin juga tdk sukar. Cukup ganti olie secara rutin sesuai aturan dan gunakan olie yang bagus. Jangan modifikasi mesin secara berlebihan. Memang yg namanya keausan tdk dapat dihindari. Tapi jika kita merawat dgn baik maka mesin jadi lbh awet dan tetap prima performanya. Segera ganti spare-part yg sdh aus/rusak agar tdk merembet ke bagian lainnya.

Bagian Mekanis
Adalah bagian yg bergerak (selain mesin) yaitu roda, rantai, rem dan shock arbsorber.
Merawat roda mungkin yg paling sulit krn jarang yg bisa melakukannya sendiri, mesti dibawa ke bengkel. Sama seperti roda mobil, maka seharusnya roda motor juga hrs balance supaya motor jalannya stabil. Balancing roda motor adalah kerjaan tukang stel ruji. Selain itu bearing juga secara berkala harus diberi pelumas yaitu gemuk/vet agar awet dan gotrinya tdk aus.

Merawat rantai relatif lbh mudah. Hal pertama yg perlu diperhatikan adalah sprocket (gir) depan dan belakang harus segaris. Kalau tdk segaris maka rantai dan gigi sprocket akan cepat aus.
Kedua adalah ketegangan rantai hrs di stel yg sesuai. Rantai yg terlalu tegang atau terlalu kendur akan memperpendek umurnya. Yg ideal adalah jarak "main" rantai bawah pada bagian tengahnya sekitar 1-2 cm. Lebih besar berarti terlalu kendor dan lebih kecil berarti terlalu tegang.
Secara berkala, lumuri rantai dgn olie bekas atau kalau tdk mau kotor bisa disemprot dgn WD40.

Rem, terutama sepatu rem memang mudah aus. Itu memang didesign demikian supaya dinding teromol atau piringan disk brake tdk terkikis. Periksa secara rutin ketebalan sepatu rem, bila sudh tipis segera ganti jgn tunggu sampai betul˛ habis krn akan mengikis dinding teromol/piringan disk brake.
Periksa olie rem apakah masih cukup, kalau kurang tambah dgn olie yg spesifikasinya sama. Secara berkala kuras olie rem dan ganti dgn yg baru. Ini tentunya kerjaan orang bengkel.

Shock arbsorber sebetulnya tdk memerlukan perawatan khusus. Asal kita mengendarai motor secara normal (artinya kalau di jalan berlubang yg pelan˛ dan berusaha menghindar) bagian ini relatif awet. Periksa saja apakah ada rembesan olie, kalau ada berarti sealnya sdh bocor dan minta ganti baru. Tdk dianjurkan unt menyuntik atau merepair shock arbsorber. Lbh baik ganti baru saja.

Kelistrikan
Pusat dari sistem kelistrikan sepeda motor adalah aki, dan merawat aki sangat gampang. Tinggal setiap minggu periksa level air akinya, kalau kurang ya ditambah. Apabila pengisian aki berfungsi baik maka aki tdk perlu dicharge. Kalau aki sering ngadat dan hrs dicharge di tukang aki, maka ada 2 kemungkinan. Sel˛ aki sdh lemah dan minta ganti aki baru, atau sistem pengisian listrik ke aki di sepeda motor yg tdk beres.
Sekarang ini kita cukup beruntung krn tdk dipusingkan lagi dgn apa yg namanya platina. Semua motor sdh pakai CDI jadi tdk ribet.
Mungkin yg perlu diwaspadai adalah penambahan lampu˛ aksesoris yg sekarang banyak dipasang di motor. Pemasangan kabel lampu˛ tsb hrs bagus supaya tdk menimbulkan hubungan pendek. Perhatikan juga besarnya daya dari aksesoris tambahan tsb apakah masih bisa disupply oleh aki. Kalau tidak maka aki akan tekor.

Demikian sedikit tambahan ttg merawat motor. Kalau ada yg kurang pas mohon koreksinya. Semoga bermanfaat.
Village Level

Post: 60
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Gimana cara perawatan sepeda motor ?

mas aku mau rakit ulang kabel body GLpro.punya skemanya gak?:_)
thanks
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Gimana cara perawatan sepeda motor ?

thank.s much
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Gimana cara perawatan sepeda motor ?

negosiator banyak tu mengenai motor ya...
punya bengkel mas??
mau donk, service motor di bengkelnya>>>
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Gimana cara perawatan sepeda motor ?

bagaimana cara stel velg jari jari?
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Gimana cara perawatan sepeda motor ?

cara stel jari-jari donk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Gimana cara perawatan sepeda motor ?

makasih buat tipsna bkn buat gw sch sbnrna tp bwt co gw dy lg buat tugas akhir doain y mga cpt lulus amien
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Cara belajar mengendarai sepeda motor Movistar Sepeda Motor 9
LIPI Produksi Prototipe Sepeda Motor Hidrogen nurcahyo Sepeda Motor 1
Merawat Rantai Roda Sepeda Motor mcndol Sepeda Motor 6
Sepeda motor di motor gp bisa buat boncengin orang gak atau cuma buat 1 orang? indonesiaindonesia Sports 7


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.